News & Info

Arrohmahputri.sch.id – Prestasi membanggakan kembali diraih santri SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang. Sebanyak 41 santri berhasil lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Berdasarkan pengumuman di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Selasa (9/7), mereka diterima di berbagai universitas terbaik di tanah air. Diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan universitas lainnya.

“Syukur alhamdulilah, para santri terhantarkan studi lanjutnya ke PTN favorit mereka,” ujar Widi Rahayu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

Ustadzah Ayu, demikian akrab dipanggil menambahkan, jumlah santri yang lolos SBMPTN tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut merupakan hasil dari perbaikan terus menerus yang dilakukan pihak sekolah dan seluruh elemen pesantren dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Persaingan tes SBMPTN itu sendiri cukup berat. Dilansir dari laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), peserta SBMPTN 2019 mencapai 780.806 siswa dengan 714.651 orang yang mengikuti Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Lebih dari 700 ribu siswa ini memperebutkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Dari jumlah yang mengikut UTBK, sebanyak 360.329 orang menjalani tes program studi saint dan teknologi (saintek), 345.895 di tes program studi sosial hukum (soshum), dan sisanya 8.247 pendaftar mengikuti tes campuran (saintek dan soshum). (Hery Purnama/Humas)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan