News & Info

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar…

Gema takbir tak henti-hentinya disuarakan oleh siswi SMA Ar-Rohmah Putri disepanjang pembacaan pengumuman juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 tingkat MKKS SMA Swasta se-Kabupaten Malang. Begitulah cara mereka ber-euphoria atas kemenangan yang diraih, karena sepuluh trophy berhasil dipersembahkan untuk sekolah tercinta.

Alhamdulillah, keceriaan atas keberhasilan yang diraih.

Juara 1 Bidang Fisika : Melly Damara Chaniago (XI IPA 1)
Juara 2 Bidang Fisika : Qintara Inas Shabrina (XI IPA 1)

Juara 1 Bidang Kimia : Munayya Zafirota (XI IPA 1)
Juara 2 Bidang Kimia : Divana Nur Fariha Sutomo (XI IPA 1)

Juara 2 Bidang Biologi : Salsabila Amalia (XI IPA 1)

Juara 1 Bidang Ekonomi : Annisa Sasri Anindya (XI IPS 3)
Juara 3 Bidang Ekonomi : Khofifah Maulida Heriyanti (XI IPS 2)

Juara 1 Bidang Geografi : Shafira Dinar Putri Prasetyo (XI IPS 3)
Juara 2 Bidang Geografi : Ira Yunita (X C)

Juara 1 Bidang Kebumian : Mita Rosdiana (XI IPA 2)

Related Article:

OSN tingkat MKKS SMA Swasta se-Kabupaten Malang merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) sebagai ajang persiapan menuju Olimpiade Sains Nasional (OSN). OSN tingkat MKKS yang ini terdiri dari sembilan bidang yaitu, Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/ Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Hampir semua bidang diikuti oleh SMA Ar Rohmah Putri, kecuali Informatika dan Astronomi. Harapannya di tahun berikutnya, semua bidang dapat kami ikuti.

Delegasi Salah Satu Bidang.

Mengingat cukup bergengsinya kompetisi tersebut, setiap guru mata pelajaran terkait melakukan persiapan dengan matang. Persiapan yang dilakukan meliputi seleksi dan pembinaan intensif. Seleksi dan pembinaan yang dilakukan sebenarnya tidak terlalu sulit, karena di sekolah telah ada kegiatan yang mewadahi minat dan bakat siswi dalam bidang akademik yaitu MPA (Melejitkan Potensi Akademik). Siswi yang tergabung ke dalam MPA sebelumnya harus melalui tahapan seleksi, sehingga tidak semua siswi dapat tergabung disini. Oleh karena itu, batas maksimal anggota di setiap MPA hanya delapan orang. Kegiatan MPA dilakukan secara rutin seminggu sekali, namun ketika sekolah akan mengikuti sebuah kompetisi, guru akan meningkatkan intensitas bimbingan bersama siswi.

Delegasi yang dikirimkan pada OSN MKKS 2017, harus mengikuti seleksi internal di masing-masing MPA-nya. Jadi, yang memiliki kesempatan hanya siswi-siswi yang telah tergabung ke dalam MPA. Hal tersebut dilakukan karena, setiap sekolah hanya boleh mengirimkan maksimal 3 orang untuk masing-masing bidang. Setelah muncul 3 nama untuk delegasi di setiap bidang, pembinaan dilakukan secara intensif selama kurang lebih satu bulan. Selain bimbingan rutin seminggu sekali, guru dan siswa biasanya akan melakukan tambahan bimbingan hingga 2-3 kali pertemuan dalam seminggu.

Sabtu, 4 Februari 2017 hari yang telah ditunggu itu akhirnya tiba juga. 750 siswa yang berasal dari 50 SMA Swasta memadati lapangan upacara SMA Islam Kepanjen untuk persiapan pembukaan. Berbagai sambutan disampaikan hingga tepat pukul 08.00, Kepala DIKNAS Kabupaten Malang secara resmi membuka acara tersebut.

OSN MKKS dilaksanakan dengan beberapa tahapan seleksi yaitu penyisihan dan final. Alokasi waktu pada babak penyisihan adalah 120 menit. Selama 120 menit siswa harus bisa menyelesaikan soal, baik dalam bentuk pilihan ganda maupun uraian. Untuk lolos ke tahap selanjutnya, peserta harus mampu berada pada posisi 10 teratas. Pengumuman pun dibacakan, dan 11 orang dari SMA Ar Rohmah Putri berhasil maju ke babak final. 11 orang tersebut adalah delegasi dari enam bidang yaitu; Fisika (2), Biologi (2), Kimia (2), Ekonomi (2), Geografi (2), dan Kebumian (1). Berbeda dengan babak penyisihan, alokasi final hanya 60 menit dan peserta dihadapkan dengan soal analisis. Setelah menunggu beberapa lama, perjuangan keras yang dilakukan terjawab sudah. Sepuluh trophy kami untuk sekolah.

Alhamdulillahhasil dan usaha tidak akan pernah saling berkhianat”, mungkin itu adalah salah satu kalimat bijak yang menginspirasi kami. Akan tetapi, ini bukanlah akhir dari segalanya. Perjuangan masih panjang, akan ada kompetisi dengan taraf yang lebih sulit. Semoga kedepannya Allah senantiasa memberikan kemudahan kepada kami.  Aamiin. (dita)

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply