News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id – Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menggelar pelatihan menghafal Al-Qur’an untuk para guru dan karyawan, Kamis-Jum’at (9-10/8).

Sebanyak lebih 300 peserta dari berbagai unit mengikuti kegiatan yang diadakan selama dua hari tersebut. Berlangsung di Aula Khadijah dan Aula Jadid, pelatihan itu digelar dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan karyawan dibidang Al-Qur’an. Selain itu, guna menumbuhkan semangat berqur’an di seluruh elemen pesantren.

Hadir sebagai narasumber pada pelatihan kali ini Ustadz Ahmad Jaaze, trainer internasional menghafal Al-Qur’an asal Bandung. Dalam materinya Ustadz Jaaze, sapaan akrabnya menyampaikan metode menghafal Al-Qur’an 10 menit 1 halaman.

“Mengahafal Al-Qur’an itu mudah. Jika mempunyai tekad yang kuat, Allah akan membuka jalan baginya,”ujarnya.

Pemegang sanad qiro’ah sab’ah dari Syaikh Musa Jibbu itu mengatakan, banyak orang bisa dengan cepat menghafal Al-Qur’an. Tapi cepat pula lupa hafalannya. Menurutnya, hilangnya hafalan itu sebab saat menghafal tak tersimpan di memori otak jangka panjang. Melainkan di memori otak jangka pendek.

Dengan menggunakan metode menghafal Al-Qur’an 10 menit 1 halaman itu, lanjut Ustad Jaaze, menghafal itu akan terasa lebih mudah, cepat dan mutqin. Tentunya harus mengikuti beberapa tahapan yang telah ditentukan. Yakni, menjalankan segala prasyarat sebelum menghafal, mempraktekkan metode menghafal dan sistem menghafal Al-Qur’an tersebut agar mutqin.

Di penghujung pelatihan Ustadz Jaaze pun berungkali berpesan kepada seluruh peserta agar memiliki niat yang lurus dalam menghafal Al-Qur’an.
“Niatkan menghafal 30 juz Al-Qur’an itu semata-mata karena Allah SWT.,” pesannya.

Seluruh peserta pun antusias mengikuti pelatihan yang sejak pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. tersebut.(Hery Purnama/Humas)

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply