News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id — Belajar biologi tak hanya berkutat dengan buku di kelas. Mengeksplorasi alam sekitar bisa menjadi pembelajaran yang seru dan menyenangkan. Tak terkecuali bagi ratusan santri kelas X SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang.

Mengusung tema identifikasi tumbuhan dan membuat herbarium, pembelajaran di luar kelas tersebut menugaskan tiap santri mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan pesantren.

Sulastri selaku guru pendamping mengemukakan, pembelajaran praktik langsung ke lapangan tersebut agar para santri lebih memahami pelajaran biologi.

“Kadang mereka sulit mencerna materi yang disampaikan guru, lantaran tidak mengenal langsung apa yang sedang diajarkan,”ujarnya pada Rabu (11/3).

Dalam praktik tersebut, para santri mengamati secara detail dan mengetahui habitat makhluk hidup. Khususnya yang termasuk dalam kingdom plantae , yaitu tumbuhan paku.

Mereka mencatat dan menggambarkan karakteristik kehidupan tanaman paku. Mulai bentuk daun, ciri batang, hingga kondisi lingkungan tumbuhan paku bisa hidup. Semua dideskripsikan santri dalam buku catatannya.

Dari hasil pengamatan itu, dipilahlah tumbuhan yang akan dibuat herbarium. Yakni, awetan kering dari spesimen yang telah dewasa, tidak terserang hama, penyakit atau kerusakan fisik lain.

Kreativitas santri pun diasah saat mereka berusaha membuat herbarium dalam berbagai bentuk yang unik. Seperti : dream catcher, carnival costum, merak, dan lainnya. (Kontributor : Sulastri | Editor : Hery Purnama)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan