News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id — Bagi para santri sekolah menengah atas (SMA) yang akan lulus, menentukan perguruan tinggi mana dan jurusan apa yang harus mereka pilih itu bukanlah perkara mudah.

Apa pun keputusan yang diambil, menjadi salah satu titik awal yang akan menentukan masa depan mereka. Setidaknya, program studi yang mereka pilih itu pada akhirnya menjadi pijakan profesi yang akan mereka geluti kelak.

Sebab itu, menjadi keharusan memberikan wawasan tentang perguruan tinggi kepada mereka sedari awal.

Berkolaborasi dengan Bimbingan Konseling (BK), alumni SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menyelenggarakan ‘Expo Campus 2020‘ pada Sabtu-Ahad (4-5/1).

Ajang berbagi inspirasi tentang dunia kampus itu rutin digelar tiap tahun dan diikuti seluruh santri kelas X, XI dan XII.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, 35 alumni yang tengah mengenyam pendidikan di berbagai perguruan tinggi favorit tanah air.

Seperti : ITB, IPB, Unair, UB, UM, PENS, Unej, Unesa, UIN, UIN Yogyakarta, Universitas Telkom, Universitas Ciputra, Universitas Hang Tuah, Polinema, Poltek Perkapalan Surabaya, Isykarima dan lainnya.

Dalam materinya mereka memaparkan berbagai hala tentang perguruan tinggi. Mulai dari ragam perguruan tinggi, persiapan dan proses masuk, aktivitas perkuliahan, peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan maupun berbagai tantangan dan kendala yang kerap muncul dan harus dihadapi.

Berlangsung dalam dua sesi, seluruh santri pun antuasias mengikuti kegiatan tersebut hingga akhir. Sesi pertama berlangsung di aula Raihanah lantai IV pada pukul 20.00 WIB sampai pukul 21.15 WIB. dan diikuti seluruh santri kelas X, XI dan XII, Sabtu (4/1).

Sedangkan sesi kedua hanya diikuti santri kelas XII di aula Qodim pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.30 WIB, Ahad (5/1). Sesi tersebut diawali presentasi tentang gambaran kehidupan dunia kampus oleh Nabila Nur Hidayati. Alumni SMA Ar-Rohmah Putri tahun 2017 yang kini kuliah di UB jurusan ilmu petertenakan.

Kemudian para santri dikelompokan sesuai fakultas yang diminati. Menerima penjelasan dari para alumni yang sedang menempuh penddikan di fakultas yang bersangkutan sekaligus konsultasi. (Kontributor : Fairuz Nisa A.H. | Editor : Hery Purnama)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply