Bilingual Class Program

Reputasi Ar Rohmah Putri Boarding School dalam mengembangkan dunia pendidikan keagamaan dan umum tak diragukan lagi. Sekolah boarding modern tertua di Malang Raya di bawah naungan Lembaga Pendidikan Hidayatullah ini tidak hanya menjadi pilihan para orang tua untuk menyekolahkan dan memondokkan anaknya, tapi juga sudah menjadi kiblat untuk pengembangan pendidikan modern berbasis pesantren di Indonesia.

Dimulai dari Ar Rohmah Putra, berkembang dengan Ar Rohmah Putri 1, Ar Rohmah Tahfidz, dan yang terbaru Ar Rohmah Putri 2 dengan program kelas Bilingual Class Program (BCP).

Ruli Cahyo Nofanto, Principal of Ar Rohmah Putri 2, Bilingual Class Program (BCP) adalah program kelas reguler yang mana proses belajar mengajar menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa nasional dan bahasa Inggris dalam penyampaian materi kurikulum kepada santri. Program ini untuk membentuk kultur akademik yang mengedepankan penggunaan bahasa Inggris secara aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui program ini, santri akan mendapatkan dua hal penting, yaitu penguasaan ilmu pengetahuan dan kemampuan dalam berbicara dalam dua bahasa. Belajar bahasa adalah belajar bagaimana mengungkapkan maksud sesuai konteks lingkungan. Semakin luas lingkungan sosial, maka kebutuhan akan penguasaan bahasa dengan segala kompleksitasnya akan semakin bertambah pula. Selain itu, dari dua program di atas, para siswi juga ditarget untuk bisa menghafal Alquran (tahfiz) 5–30 juz.

Ar Rohmah Putri 2 telah membangun gedung yang sangat megah dan indah di lahan seluas 6 hektare lebih. Untuk mengembangkan kelas Bilingual ini merupakan tuntutan dari masyarakat, termasuk para wali siswi, yang telah menyekolahkan anaknya di Ar Rohmah Putri. Sebab, mereka sudah membuktikan proses pembelajaran dan pembinaan mental serta spiritual keagamaan Ar Rohmah yang sangat bagus.

Mengapa ada Bilingual Class Program?

1. Santri Ar Rohmah Putri adalah bagian dari masyarakat global yang rahmatan lil’alamin dituntut untuk selalu dinamis dengan segala perubahan, dengan memegang teguh nilai-nilai tauhid sehingga santri harus memiliki karakter (akhlak mulia), kompetensi tinggi, dan berwawasan luas.
2. Sebagai supporting program untuk International Class Program (ICP) dalam membentuk kultur berbahasa Inggris aktif di antara santri di sekolah.

Penerapan Bilingual Class Program:
1. Kelas Bilingual menggunakan kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013. Dalam penyampaiannya menggunakan dwi bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
2. Penerapan pada semua mata pelajaran, kecuali mata pelajaran bahasa Indonesia dan Alquran.
3. Buku teks pegangan santri berupa buku bilingual.
4. Target kompetensi bahasa Inggris di akhir jenjang:
A. Skor TOEFL SMP : 400
B. Skor TOEFL SMA : 500