News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id – Divisi Kesehatan Asrama SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menggelar skrining kesehatan, Selasa-Rabu (22-24/7).

Berlangsung di Balai Kesehatan Muslimah (BKM), kegiatan rutin di awal tahun itu diikuti seluruh santri baru kelas 7 SMP dan 10 SMA.

Penanggung jawab kegiatan, Nur Ainna Wulandari, mengemukakan, kegiatan tersebut bertujuan mendeteksi sejak dini potensi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu pada santri.

“Menjaga kesehatan itu penting. Yaitu dengan melakukan pencegahan sejak awal,” ujarnya.

Ustadzah Ainna, demikian akrab dipanggil menjelaskan, skrining kesehatan itu merupakan prosedur standar yang dilakukan terhadap seluruh santri baru. Dari hasil skrining itu akan diperoleh informasi untuk melakukan penanganan yang tepat jika ditemukan risiko terhadap penyakit tertentu.

Selain itu, skrining kesehatan tersebut juga memberikan manfaat lain. Diantaranya meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran mengenai pentingnya pola hidup sehat.

Bekerjasama dengan Klinik Hidayatullah Malang, kegiatan itu menghadirkan empat dokter. Yakni : dr. Diyah Ningrum, dr. Tiara Muslimawaty, dr. Laylia Mulyandari dan dr. Diah Kusferdiana.

Para dokter tersebut melakukan pemeriksaan yang meliputi : pengukuran berat badan, tinggi badan dan tekanan darah , pengecekan visus (penglihatan) dan buta warna dan pemeriksaan fisik.

Seluruh santri baru pun antusias mengikuti kegiatan yang dimulai pukul.08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB tersebut. (Hery Purnama/Humas)

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply