News & Info

Jika di pekan awal bulan ada Musabaqah Riyadhoh, yang pada intinya mengembangkan minat bakat santri terhadap olahraga, maka di akhir bulan ini pula santri diajak untuk mengembangkan minat dan bakat dalam dunia bahasa internasional, yakni bahasa Inggris dan Arab.

Tepatnya Ahad, 26 Maret 2017 festival bahasa digelar di kampus Ar-Rohmah Putri. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dinantikan oleh kebanyakan santri. Karena dalam kesempatan inilah mereka diberi ruang untuk mengekspresikan diri dan memacu kreativitas. Mulai dari drama, musikalisasi mufrodat, pidato, semua dikemas dalam kewajiban dua bahasa. Meski kegiatan hanya dilangsungkan sehari, tapi perlu sekitar waktu tiga minggu untuk menyiapkan semua ini.

Jika ditahun sebelumnya acara hanya diperuntukkan bagi santri Ar-Rohmah Putri, untuk tahun ini kami memperluas ruang dengan melibatkan pihak eskternal. Yakni dalam kegiatan lomba khitobah arabiyyah antar sekolah SMP dan SMA se-Malang raya. Sehingga diharapkan santri merasa lebih terpacu untuk belajar dan berkompetisi, tak hanya dalam bidang akademik tapi juga dalam bidang non akademik.

Related Article:

Lomba digelar bersamaan dengan acara festival, sehingga adanya performance dari tiap angkatan menjadi jeda dari lomba khitobah tersebut. Inilah kali pertama kami mengundang sekolah lain untuk berkompetisi. “ awalnya tidak percaya diri dengan kemampuan bahasa yang kita miliki. Tapi disinilah kami merasa tertantang untuk mengemas acara sebaik mungkin agar ada evaluasi yang lebih membangun di tahun selanjutnya” papar salah satu panitia yang merupakan anggota dari departemen biah bahasa.

Alhamdulillah dari awal hingga akhir acara berjalan lancar, meski terkendala hujan yang tak henti dari sore di hari sebelumnya. Dari dua tingkat perlombaan, delegasi dari SMA Ar Rohmah putri yakni Nurul Iqdami dari kelas 10 berhasil meraih juara ketiga. Agenda perdana ini merupakan lecutan luar biasa untuk agenda festival di tahun ajaran baru mendatang. (ZV)

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply