News & Info

Hari ini sekitar 18 santri kelas 12 yang sudah fix dengan penerimaan mahasiswa baru di universitas yang mereka pilih, mengikuti program baru unit SMA yang bertemakan
“Khoirunnas anfa’uhum linnas”

Bersama sinar matahari pagi dengan semilirnya angin yang sepoi sepoi, Ustadzah Dyah sebagai guru pamong, dibantu oleh saya sendiri, kita berkumpul untuk morning spirit memberikan pembekalan seadanya kepada santri-santri luar biasa itu.

Hexa's Trainee - PPL Santri Kelas 12 Ar-Rohmah Putri 2

Pembukaan dari ustadzah Dyah membuka kegiatan ini dengan memberikan pengarahan bahwasanya selama kurang lebih 10 hari kedepan, menyongsong acara wisuda kelas 12, kita disini menyelenggarakan program ini untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan amal sholih, oleh karena itu, santri santri tersebut akan bertugas di Kantor SMA yang membantu administrasi dan di unit KB-RA yaitu di Baby Care, Play Group, dan TK.

Kemudian saya menambahkan “Kesempatan itu berjalan seperti awan seperti kata Ali bin Abi Tholib, maka pergunakanlah sebik baiknya. Seperti juga yang dipesankan oleh Imam Syafi’I bahwasanya Kebahagiaan akan datang kepada mereka yang menggunakan kesempatan dan kesedihan bagi mereka yang tidak mempergunakannya. Saat ini merupakan kesempatan bagi kalian untuk benar benar memanfaatkan waktu dengan baik maka pergunakanlah dan jangan sia sia kan!”
Lalu morning spirit ini ditutup dengan membaca doa Nabi Musa agar dimudahkan ucapan dan urusan yang berbunyi,

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Gema takbir mengantarkan langkah-langkah mereka menuju tempat dimana mereka bertugas. Euphoria berbalut tasbih dan takbir senantiasa mengiringi untuk menjaga motivasi dan energy selama kegiatan ini berlangsung.

Bukan hanya mereka namun khususnya untuk kami, tim guru dan terlebih lagi wali kelas 12 ikut merasakan dag dig dug tak karuan tetapi juga sangat bersemangat mengantarkan anak anak tersebut dalam mengikuti kegiatan ini. Ini adalah agenda pertama yang benar benar pertama kali di unit SMA yang mudah mudahan kalau terlaksana dengan baik insyaAllah akan menjadi program estafet yang kemungkinan menjadi agenda rutin kelas 12 di tahun tahun yang akan datang.

Hexa's Trainee - PPL Santri Kelas 12 Ar-Rohmah Putri 5

Waktu menunjukkan pukul 11 siang, itu artinya tugas untuk santri santri yang menamakan diri mereka “HEXA’s TRAINEE” telah selesai untuk hari ini. Lalu saya meminta anak anak untuk berkumpul sejenak di mushola tempat sholat mereka.

Dari jauh tampak sekali aura kepenatan terpancar dari muka mereka namun senyum yang tak kunjung pudar seakan lebih mendominasi perasaan mereka. Hehe kami tersenyum bangga dan haru sekali. Tak lama berbagai cerita terlontar seakan mengobati rasa capek dan penat yang ada. Dimulai dari yang bertugas dikantor dengan membantu guru piket dan dikerjai oleh ustadzah dengan diminta memperkenalkan diri di depan adik adik kelas. Lalu yang di Play Group dengan adik adik yang manja. Serta yang bertugas di TK yang harus menghadapi celoteh celoteh adik adik yang penuh tanya tentang hal-hal remeh dan nggak penting namun sangat menggemaskan.

Dan yang unik adalah mereka yang bertugas di Baby School.
“Ustadzah, sebenernya saya itu nggak bisa gendong bayi, dan tadi itu saya mencoba menggendong seorang bayi, menimang nimang, sampai tangan saya pegel ustadzah. Tapi seru sekali” ceritanya dengan mata yang berbinar binar. Sampai ada yang bercerita begini, “ Saya berhasil menidurkan tiga ade bayi loh ustadzah.” Ujarnya dengan bangga.

Hexa's Trainee - PPL Santri Kelas 12 Ar-Rohmah Putri 6

Saya tidak bias berhenti tertawa mendengar pengalaman mereka.
Setelah semua kembali hening, ustadzah Dyah berkata,” Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesame. Jaga semangat kalian sampai hari terakhir nanti. Jangan hanya timbul di awal dan berhembus ditengah jalan karena perjalanan kita masih panjang”. Dan penutup dari saya,” Capeknya kalian hari ini insyaAllah bernilai ibadah, sekarang berikan hak kepada badan kalian untuk beristirahat, istirahatlah dulu sebentar dan besok yuk kita mencari kembali rasa capek yang lain yang insyAllah menmbah amalan sholih dan ibadah kita lagi. Marilah kita tutup agenda hari ini dengan istighfar dan doa penutup majlis”
Subhanakallahu wa bihamdika astaghfiruka wa atubu ilaih.

Mushola kelas 12 SMA Arrohmah Putri Malang, 24 April 2018.
(Ms. Putri Suryanti)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan