News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menggelar upacara kemerdekaan, Sabtu (17/8).

Bertempat di lapangan Saudah, kegiatan tiap tahun itu diikuti ribuan santri SD Alam Ar-Rohmah, SMP-SMA Ar-Rohmah Putri, segenap dewan guru dan karyawan.

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Sekolah SMA Ar-Rohmah Putri, Rully Cahyo Novanto. Dalam amanatnya Ustadz Rully, demikian akrab dipanggil menyampaikan pentingnya mensyukuri kemerdekaan.

“Kemerdekaan yang diperoleh rakyat Indonesia 74 tahun lalu, semata-mata anugerah dari Allah SWT.,” ujarnya.

Ustadz Rully menjelaskan, para penjajah dahulu terusir dari negeri Indonesia dengan pekikan takbir. Maka seyogyanya hidup kita itu selalu membesarkan nama-Nya.

Menurutnya, mensyukuri kemerdekaan itu tiada lain mengisinya dengan prestasi. Yakni ; menjalankan ibadah yang terbaik, belajar dengan tekun, istiqomah belajar Al-Qur’an, menghormati orang tua maupun teman.

74 tahun yang silam, lanjutnya, rakyat Indonesia berhasil mengusir penjajah dari negeri ini. Ketika mereka sudah terusir, secara fisik Indonesia sudah tidak terjajah. Tapi dalam hal lain, mungkin saat ini masih terjajah.

Ia pun mencontohkan kondisi yang menurutnya masih dalam keterjajahan itu. Misalnya; ketika idola yang dipilih ialah orang atau model selain Rasulullah SAW. dan tidak sesuai syariat. Begitu pula saat masih berujar dengan ucapan yang tidak baik, yang tidak diperintahkan Allah maupun Rasul-Nya.

Karena menurut Ustadz Rully, hakekat kemerdekaan sesungguhnya adalah saat manusia bisa selalu menghambakan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.. Tanpa adanya belenggu apapun yang dapat menghalanginya.

Diakhir amanatnya, ia pun berpesan kepada seluruh peserta upacara agar sanantiasa berintrospeksi diri. Apakah selama ini sudah betul-betul menysukuri dan memaknai kemerdekaan ini dengan baik ?(Hery Purnama/Humas)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan