News & Info

SD Alam Ar-Rohmah menggelar Training Motivasi dan Spiritual dengan tema, “Membangun Komitmen Menuju Sukses Ujian Terbuka Al-Qur’an dan Ujian Sekolah di Aula Muhammad LPI Ar-Rohmah Putri, Sabtu (20/1/2018).

Acara yang dilaksanakan menjelang ujian ini diikuti oleh murid kelas VI dan kedua orang tuanya.

SD Alam Ar-Rohmah mengundang Trainer Nasional yang juga sebagai Kepala SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang, Ustadz Rully Cahyo Nofanto sebagai narasumber.

Selama dua jam seluruh peserta mendapatkan pencerahan dan ilmu yang manfaat untuk menjadi orang tua dan anak yang lebih baik.

SD Alam Ar-Rohmah Gelar Membangun Komitmen 2

Baca Juga:

Dalam pemaparannya, Ustadz Rully menjelaskan kepada para peserta terkait komitmen orang tua dan anak dalam menghadapi ujian ada lima. “Pertama, Orangtua harus sadar kalau dia jadi teladan bagi anaknya. Sadar kalau anak butuh bimbingan dan pendampingan agar menjadi sholeh-sholehah. Anak juga sadar bahwa sekarang sudah baliq dan terikat dengan hukum-hukum Allah,” tegasnya.

Kedua, sambung Ustadz Rully, orangtua bersungguh-sungguh tiada henti dalam mendampingi dan membimbing anak. Anak bersungguh-sungguh dalam menjalani proses ini dengan sabar.

Ketiga, Orangtua bersedia meluangkan waktu dan sekuat tenaga untuk terus mendidik dan belajar, demikian juga dengan anak-anak harus bersedia dibimbing dan belajar.

Keempat, dalam mendidik dan belajar masing-masing orang tua dan anak mempunyai kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu saling terbuka untuk mengambil yang baik dan memperbaiki jika ada yang belum baik. Artrinya saling meneladani dalam kebaikan.

Baca Juga:  Gelar Market Day, SD Alam Ar-Rohmah Kembangkan Jiwa Enterpreneur
SD Alam Ar-Rohmah Gelar Membangun Komitmen 3

Kelima, bersama sama membangun komunikasi untuk mengetahui tujuan hidup dalam keluarga. Mengetahui keinginan orangtua dan sebaliknya orangtua juga harus mengetahui keinginan anaknya. Tentu dalam kerangka mencapai ridho Allah sebagai tujuan hidup.”  papar Trainer yang juga pernah menjabat menjadi Kepala SD Alam Ar-Rohmah ke-IV sebelum ditugaskan di SMP-SMA Ar-Rohmah Putri.

Selanjutnya begitu juga anak harus berjanji kepada orangtuanya untuk selalu memperbaiki akhlaq, ibadah semakin rajin, dan belajar makin tekun. Berjanji melaksanakan perintah Allah, pasti akan membahagiakan orangtua.

Langkah menuju kebahagiaan adalah mohon ampun kepada Allah, senantiasa ingat Allah disetiap kesempatan, mensyukuri nikmat Allah, dan berbakti kepada orang tua.

” Ujian Terbuka Al Qur’an pada akhir bulan Maret ini anak-anak ditargetkan hafal 2 Juz (Juz 29 dan Juz 30). Sedangkan,  nilai rata-rata US anak-anak ditargetkan nilai Bahasa Indonesia 85, nilai Matematika 80, dan nilai IPA 85 dalam ujian tahun ini tambahnya,”

“Kita targetkan untuk ujian kali ini kita JUARA (Jujur, Antusias, dan Ridho Allah). Percuma jika mendapat nilai 100 kalau tidak jujur. Percuma kalau dapat nilai bagus, tetapi tidak mau belajar lagi. Percuma dapat nilai bagus jika tidak berdoa/mengharapkan ridho Allah, itu namanya sombong,” tutup Trainer asal Lamongan itu dengan penuh semangat.  (roma/hd)

Author: adminartri

Leave a Reply

Baca Juga:  Berkah Ramadhan di SD Alam Ar-Rohmah