News & Info

I’lamiyyah Ar-Rohmah Putri (I’AR) sebagai wadah dakwah melalui kreativitas santri dalam mengembangkan kemampuannya di bidang jurnalistik dan desain grafis. Sabtu, 28/4 I’AR mengadakan agenda tahunan, yakni “Outing”. Kegiatan outing bertempat di DILO Malang (Digital Inovation Lounge) Jl. Basuki Rahmad 7-9, Malang. Dilo (Digital Inovation Lounge) sebuah Creative Camp yang dikembangkan oleh MIKTI bekerja sama dengan Telkom, sebagai pusat interaksi peminat dan pelaku industri kreatif digital di kota Malang yang bertujuan menciptakan bibit-bibit Digital Preneur yang selanjutnya siap masuk ke industri (Creative Center).

Meningkatkan Profesionalitas Jurnalistik dan Desain Grafis dalam Bingkai Dakwah melalui Kegiatan Outing I'AR SMA 5

Di dalam Creative Camp, komunitas kreatif digital akan diberikan pemahaman mengenai arah yang sebaiknya dilalui untuk masuk ke industri kreatif digital, termasuk arah sektor industri yang potensial untuk dijalani. Aktivitas yang I’AR lakukan di DILO Malang yakni workshop Jurnalistik dan Desain Grafis dengan tema “Meningkatkan Profesionalitas Jurnalistik dan Desain Grafis dalam Bingkai Dakwah” itulah tema yang sengaja kami ambil pada kegiatan outing kali ini.

Meningkatkan Profesionalitas Jurnalistik dan Desain Grafis dalam Bingkai Dakwah melalui Kegiatan Outing I'AR SMA 3

Tepat pukul 08.30 WIB Tim I’AR berkumpul di depan gedung Muhammad. Kemudian berangkat menuju DILO Malang. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 45 menit. Sesampainya di lokasi, Tim I’AR mengisi presensi peserta kemudian masuk ke ruang workshop. Dalam kegaiatan workshop ini mendatangkan langsung dua pemateri yang cukup berkompeten dalam bidangnya. Pemateri pertama yakni M. Ziaelfikar Albaba yang cukup berkompeten dalam bidang industri kreatif desain grafis dan pemateri kedua yakni Hino Kertapati yang berkompeten dalam bidang kepenulisan atau jurnalistik.

Kegiatan workshop ini sangat seru. Teman-teman I’AR sangat antusias mendengarkan kakak-kakak pemateri. Banyak ilmu baru yang belum pernah didapat selama ini. Kegiatan workshop ini berlangsung sangat seru, para peserta antusias untuk bertanya dan berdiskusi. Kami juga sempat sedikit bedah majalah yang sudah kita buat. Banyak masukan maupun kritikan dari kakak-kakak pemateri yang pastinya ini semua untuk perbaikan majalah Adibah ke depan.

Workshop diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada peserta. Workshop selesai pukul 12.00 WIB. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Gema adzan dhuhur berkumandang ke seluruh antero Malang. Tim I’AR bergegas menuju masjid Agung Jami’. Langkah demi langkah mereka lalui dengan penuh semangat. Akhirnya perjalan mereka telah sampai di masjid Jami’.

Meningkatkan Profesionalitas Jurnalistik dan Desain Grafis dalam Bingkai Dakwah melalui Kegiatan Outing I'AR SMA 2
Meningkatkan Profesionalitas Jurnalistik dan Desain Grafis dalam Bingkai Dakwah melalui Kegiatan Outing I'AR SMA 6

Tim I’AR ditemani dengan ustadzah pendamping yakni ustadzah Afifa, ustadzah Inneke, dan ustadzah Alifa melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah. Setelah selesai sholat dhuhur, Tim I’AR dengan didampingi oleh ustadzah bergegas menuju tempat makan siang. Di tempat makan siang kami dan rombongan beristirahat sejenak melepas lelah. Selanjutnya, tim I’AR persiapan untuk perjalanan pulang. Perut sudah terisi makanan. Perjalanan pulang di mulai. Namun, di tengah perjalanan gema adzan ashar memanggil-manggil. Tim I’AR berhenti di masjid Ibnu Sina untuk melaksanakan sholat ashar berjama’ah. Setelah selesai merekapun kembali ke SMA Ar-Rohmah Putri tercinta tepat pukul 16.15 WIB. Wah, seru banget ya teman-teman. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan outing tersebut. Semoga setelah ini Tim I’AR menjadi lebih baik lagi, lebih maju, lebih sukses lagi. Amiin. I’AR-Jurnalistik SMA

Author: adminartri

Leave a Reply