News & Info

MPD Jurnalistik SMP Ar-Rohmah Putri melakukan kunjungan ke Koran Kampus Bestari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 12/5. Kunjungan tersebut bertujuan memperoleh pengetahuan dan praktik nyata menjadi wartawan, penutis, dan editor berita.  Di Aula Student Center, 25 siswa menerima materi yang diberikan oleh tim Bestari UMM. Pembelajaran dilanjutkan ke tahap pengambilan gambar dengan kamera, menulis hasil hambar dan topik yang diberikan, serta praktik melayout data berita dengan aplikasi yang beragam.

Sabtu, 12/5 tim MPD Jurnalistik melakukan kunjungan ke Koran Kampus Bestari (KKB). Kegiatan itu berlangsung selama 5 jam. Sebanyak 25 siswa kelas 7 dan 8 yang mengikuti kunjungan disambut di Aula Lantai 3 Gedung Student Center. Sambutan dan materi diberikan dengan sangat lugas oleh saudara yanuar mengenai struktur organisasi, kegiatan wartawan, cara memotret, menulis berita, dan materi tahap pengeditan berita hingga menjadi file koran siap cetak. Masing-masing siswa diberikan hasil cetak KKB untuk menganalisis setiap rubrik yang ada di dalamnya, mulai dari rubrik berat sampai rubrik yang ringan ada pada KKB.

Kegiatan dilanjutkan pada tahap pengambilan gambar dengan kamera yang disediakan. Beberapa santri mencoba menggambil gambar sesuai teknik agar mendapat gambar yang bagus, karena gambarlah yang menjadi salah satu sorotan utama yang menentukan kemenarikan suatu berita. Selain itu, proses penulisan naskah berita adalah hal yang paling susah, siswa banyak bertanya agar mudah dalam menulis naskah berita. Kemudian naskah berita yang sudah jadi digabungkan dengan gambar yang di edit oleh editor untuk menjadi 1 berita yang utuh. Untuk gambar dapat di edit dengan aplikasi Photoshop dan Corel.

Kunjungan kami ditutup dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan. Ketua KKB, Yanuar mengatakan “Semoga sepulang dari sini kalian semua jadi pandai-pandai menulis beritanya ya!”. Tim MPD Jurnalistik sangat senang melakukan kunjungan ke KKB, banyak sekali Ilmu yang bermanfaat yang kami peroleh dan akan kami aplikasikan di MPD tahun depan.

Author: adminartri

1 Comment

Leave a Reply