News & Info

Hari Sabtu, tanggal 26 Mei 2018 merupakan hari yang penuh Rahmat dan Berkah. Karena dibulan Ramadhan ini, sekolah kami tercinta SD Alam Ar Rohmah mengadakan Ujian Terbuka Al Qur’an Kelas Takhasus. Kegiatan ini diikuti oleh murid-murid kelas 1D dan 2D. Kelas 1D terdiri dari santri putra sejumlah 8 anak dan santri putri sejumlah 17 anak. Adapun kelas 2D terdiri dari santri putra sejumlah 7 anak dan santri putri sejumlah 13 anak. Bagi kelas 1D kegiatan ini adalah Ujian Terbuka Al Qur’an perdana, sedangkan bagi kelas 2D kegiatan ini kali kedua melaksanakan Ujian Terbuka Al Qur’an.

Berkah Ramadhan di SD Alam Ar-Rohmah 1

Materi yang diujikan adalah juz 30 untuk kelas 1D dan juz 29 untuk kelas 2D. Materi ujian diambil dari ayat-ayat yang ada dipertengahan surat. Para peserta ujian diminta untuk naik keatas panggung bersama-sama sesuai dengan kelasnya masing-masing. Dipandu oleh Ustadzah Nina dan Ustadzah Rohmah yang mana satu persatu wali murid diperkenankan untuk memilih nomor soal baik untuk anaknya sendiri atau yang lainnya. Ada wali murid yang membaca sendiri soalnya ada juga meminta tolong kepada ustadzah yang memandu untuk membacakannya. Para peserta melanjutkan ayat yang sudah dipilihkan oleh orang tuanya

Berkah Ramadhan di SD Alam Ar-Rohmah 3

Kegiatan Ujian ini, selain diikuti para peserta ujian juga dihadiri oleh kepala Dikdas LPI Ar Rohmah Putri, segenap wali murid , dan tamu undangan. Sebanyak 200 orang menyaksikan ujian terbuka ini. Meski panitia pelaksana hanya beberapa ustadz ustadzah yang terlibat, akan tetapi kegiatan ini terlihat menarik dan megah. Terlihat dari panggungnya yang sederhana tapi indah. Baju seragam peserta ujian juga terlihat rapi dan serasi.

Ujian Terbuka Al Qur’an ini, diawali dengan membaca surat Al Fatihah , lalu dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Aisyah Alifah dengan membaca surat Al A’la. Kemudian sambutan dari bapak kepala sekolah yakni ustadz Muhammad Nur Cholis S.Pd.I. Beliau berpesan agar orang tua santri bersinergi dengan sekolah dalam menguatkan hafalan surat para santri baik juz 30 maupun juz 29. Dilanjutkan acara prosesi Ujian Terbuka Al Qur’an, dimana para peserta ujian naik panggung dan diberi soal sesuai pilihan para orang tua atau para hadirin yang ditunjuk oleh pemandu prosesi.

Alhamdulillah acara prosesi ujian ini, berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu yakni pukul 17.00 wib. Setelah itu para peserta ujian, turun dari panggung dan mencari orang tua mereka untuk memeluknya dan meminta doanya. Dengan berakhir prosesi ujian, maka berakhir pula acara ini. Pembawa acara menutup dengan doa kafaratul majelis.

Setelah paripurna acara ini, kami, peserta , dan segenap wali santri berbuka puasa bersama dengan takjil yang sudah disediakan wali santri sendiri. Di lanjutkan sholat Maghrib berjamaah, kemudian makan bersama-sama ditempat acara. Suasana sangat guyub antara para ustadz dan wali santri. Lalu selesai makan dilanjutkan foto bersama.

Rasa haru dan bersyukur setiap kali anak-anak peserta ujian diminta untuk melanjutkan ayat yang diujikan. Mereka anak-anak pilihan yang setiap harinya bersama Al Qur’an, menghafalkan Al Qur’an sebanyak 5 ayat setiap harinya. Tanpa pertolongan Allah SWT dan ikhtiar para Ustadzah juga para wali santri , tidak mungkin kegiatan ujian ini dapat terlaksana.

Mudah mudahan mereka menjadi generasi Qurani yang insaa Allah akan mengantarkan kedua orangtuanya dan guru-gurunya ke dalam surganya Allah …Aamiin

Author: adminartri

Leave a Reply