News & Info

Buka bersama adalah agenda yang selalu ada dibulan suci Ramadhan. Baik dari instansi , lembaga dan komunitas, mereka selalu mengadakan kegiatan buka puasa bersama yang tujuannya tidak lain adalah untuk menjalin silaturahmi, menambah keakraban dan solidaritas sesama teman.

Hal ini, dilakukan oleh lembaga kami yakni SD Alam Ar Rohmah tercinta. Pada tanggal 30-31 Mei 2018 bertempat diaula sekolah kami. Sekolah kami mengadakan buka puasa bersama dan pondok Ramadhan yang diikuti oleh murid-murid, sebagian wali murid dan para guru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut sesuai dengan jenjang kelas yang sudah dibagi.

Bukber dan Pondok Ramadhan SD Alam Ar Rohmah 3

Untuk kelas 1sampai 3, dilaksanakan pada Rabu bertepatan tanggal 30 Mei. Pelaksanaan kegiatan buka puasa bersama ini sangat didukung oleh murid-murid dan wali murid. Hal ini dapat dilihat dari kedatangan mereka, pukul 15.00 mereka sudah memadati halaman sekolah, dan mengantri untuk membayar zakat fitrah. Ya.. memang selain buka puasa bersama, kami juga kami mengadakan pengumpulan zakat fitrah yang dikoordinir oleh tim dari BMH (Baitul Mal Hidayatullah).

Acara kegiatan buka puasa bersama hari pertama diawali dengan sholat ashar diaula, kemudian mereka diminta ke Kelasnya masing-masing , bermuroja’ah tahfidz dengan wali kelasnya. Dilanjutkan murid-murid diminta kembali ke aula untuk mendengarkan dongeng inspiratif dari seorang pendongeng, namanya kak Hakim. Diaula murid-murid kelas 1 sampai 3 sangat antusias sekali. Karena mereka sejak diberikan surat pemberitahuan untuk kegiatan bukber, mereka sudah menanti-nanti untuk mendengarkan dongeng.

Masya Allah, anak-anak sangat bahagia dan senang sekali. Kak Hakim dan si Ale (nama boneka yang menemani kak Hakim) bercerita tentang kisah sahabat haritsah bin Nu’man. Sahabat nabi yg dimimpikan baca Al Qur’an di surga karena baktinya kepada kedua orang tua. Diawali dengan bernyanyi lagu ” Ramadhan telah Tiba”. Anak-anak serentak ikut bernyanyi. Setelah beberapa menit kak Hakim dan Si Ale memulai ceritanya. Tengah-tengah cerita mereka juga tertawa ketika ada cerita yang lucu. Menambah antusias anak-anak untuk tetap fokus mendengar cerita kak Hakim.

Hingga tidak terasa, adzan Maghrib pun berkumandang. Anak-anak Kembali ke kelas masing-masing dan menikmati hidangan berbuka baik takjil maupun makan. Setelah selesai makan takjil, mereka sholat berjamaah dikelas kemudian baru setelah itu makan bersama.

Bukber dan Pondok Ramadhan SD Alam Ar Rohmah 5

Berbeda lagi dengan kegiatan buka puasa bersama hari kedua yang diikuti oleh murid-murid kelas 4 dan 5. Diawal awal kegiatan anak-anak membayar zakat, sholat berjamaah kemudian ke kelas masing-masing untuk muroja’ah hafalan Al-Qur’an. Selanjutnya mereka ke aula untuk mendengarkan ilmu yang disampaikan oleh ustadz M Nur Cholis, beliau selaku kepala sekolah kami. Materi yang disampaikan beliau sangat pas dengan usia anak-anak kelas 4 dan 5 yakni fiqih puasa. Meskipun didalamnya juga disisipi materi-materi tentang masalah fiqih akhil baligh

Apa yang berbeda disini? Berbeda disini karena rangkaian kegiatan buka puasa bersama dihari kedua ini, sangat spesifik. Sehingga moment buka puasa bersama ini selain menanamkan ukhuwah akan tetapi memberikan pemahaman tentang hal hal yang berkaitan dengan fiqih puasa. Anak-anak sangat memerlukan materi itu, agar mereka tidak keliru dalam menjalankan ibadah puasa.

Alhamdulillah, sang pemateri sangat ahli dengan materi ini. Sehingga anak-anak sangat bersemangat mendengarkan , dan memahami satu persatu materi yang disampaikan.

Demikian sekelumit tulisan tentang kegiatan Bukber SD Alam Ar Rohmah pada hari pertama Yakni hari Rabu yang diikuti sekitar 300 anak. Dan hari kedua yang diikuti oleh 180 anak. Semoga kegiatan buka puasa bersama ini, menumbuhkan ukhuwah diantara mereka dan rasa peduli dengan sesama.

# bukber sebagai ajang silaturahmi#

Author: adminartri

Leave a Reply