News & Info

KB-RA Alam Ar Rohmah menggelar manasik haji untuk ratusan siswanya. Manasik haji itu diadakan di halaman kampus Ar Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang Jawa Timur, Kamis (16/8).

Yonis Patrisiya Ningrum selaku Ketua Panitia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan rukun Islam yang kelima kepada anak didik.

“Nilai-nilai di setiap rukun haji kami coba tanamkan kepada anak didik sejak dini”, tegasnya.

Ustadzah Yonis, panggilan akrab Yonis Patrisiya Ningrum mengemukakan seluruh guru dan pengurus Komite KB-RA terlibat secara langsung dalam pelaksanaan manasik haji itu.

Kegiatan tersebut diawali dengan mengambil miqat di Bir Ali sambil membaca niat haji, lanjut ustadzah Yonis. Setelah itu para siswa menuju Arafah untuk wukuf sambil membaca tasbih, tahmid, tahlil dan takbir.

Selepas wukuf mereka dibawa ke Muzdalifah untuk mabit dan mengumpulkan batu. Kemudian melempar jumroh ula, wustha dan aqabah di Mina.

Usai melempar jumroh, siswa diajak ke depan Ka’bah. Tawaf tujuh kali, shalat sunnah tawaf dan minum air zamzam. Setelah itu sa’i (berlari-lari kecil) dari Shafa ke marwa. Dan diakhiri dengan tahalul (menggunting sebagian rambut). (hp/humas)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan