News & Info

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Santri Baru Ar-Rohmah Putri 2018-2019 dimulai pada hari Ahad, 15 Juli 2018. Kegiatan tersebut berlangsung pada Ahad, 15 Juli – Ahad, 22 Juli 2018. Hari Ahad, 15 Juli pembukaan serta sambutan disampaikan oleh Umi Sakin dimulai tepat pukul 08.00-09.00 WIB. Selanjutnya, para santri baru melakukan safari kampus bersama pendamping.

MPLS dilanjutkan hari Senin setelah sholat Subuh berjamaah. Materinya adalah tata cara sholat yang benar oleh Tim Ibadah Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH). Usai sarapan, kegiatan berlanjut dengan pendampingan dari Umi Ina untuk pemantapan aqidah dengan baik sesuai dengan Al-Qur’an. Selanjutnya, santri SMA dengan santri SMP dipisah untuk menerima materi dari masing-masing Unit Kurikulum SMP dan Kurikulum SMA. Sore hari, ba’da ‘Ashar para santri melakukan permainan bola beracun, sambil berolahraga.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Santri Baru Ar-Rohmah Putri 2018-2019 2

Para santri tidak hanya menerima materi ketauhidan maupun akademik. Pada MPLS, para santri baru juga menerima materi kemandirian, seperti bagaimana cara menata almari, cara mencuci pakaian, cara melipat, serta bagaimana cara menyetrika pakaian yang baik.  Para santri juga diajarkan bagaimana merapikan tempat tidur, menyapu, mengepel, dan membersihkan kamar mandi. Tidak hanya itu, para santri juga harus melakukan praktik didampingi para musyrifah untuk mengetahui apakah santri sudah dapat melakukan materi kemandirian yang telah ia terima. Ini pasti hal baru bagi para santri yang baru pertama kali menjadi santri. Insya Allah, hal-hal seperti itu sangat berguna bagi santri mengingat kehidupan di asrama, mereka harus mandiri.

Usai menerima materi kemandirian, para santri SMP dan SMA mendapat pengetahuan mengenai Kemuridan dari masing-masing unit. Tim Kemuridan menyampaikan berbagai hal, seperti Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH), Melejitkan Potensi Akademik (MPA), I’lamiyah Ar-Rohmah Putri (I’AR), dan Pendidikan Keterampilan dan Bakat (PKdB).

Pada hari kelima MPLS, para santri mulai diberi materi kebahasaan oleh Tim Bi’ah. Mereka diberi kalimat-kalimat baru yang dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari. Ada pula materi Personality dari Umi Ina, yaitu Menjaga Kebersihan dan Penampilan Diri sebagai Muslimah dan Bagaimana Berkomunikasi yang baik.  Ba’da ‘Ashr, Ustadz Rully, selaku Kepala Sekolah SMP dan SMA Ar-Rohmah Putri memberikan materi mengenai manajemen waktu. Hal itu sangat penting mengingat kegiatan santri yang padat, supaya para santri tidak kelimpungan.

Materi kemandirian dilanjutkan pada hari Jumat, yaitu mengenai interaksi dan komunikasi yang baik antarteman. Tak ketinggalan materi mengenai pentingnya berilmu bagi seorang muslimah yang disampaikan oleh Umi Ina. Sore hari, di Jumat yang barakah, para santri juga diajak berolahraga sambil bermain. Malam harinya, mereka menerima sosialisasi mengenai outbond yang akan dilakukan keesokan harinya.

Sabtu pagi sekitar pukul 07.30 para santri berangkat ke Bedengan untuk outbond. Di Bedengan, mereka melakukan banyak sekali permainan yang terbagi menjadi lima pos. Para santri terlihat antusias dengan kegiatan outbond tersebut. Mereka tiba kembali ke kampus Ar-Rohmah sekitar pukul 15.00 WIB.

Hari terakhir MPLS, para santri menerima hadiah bagi pemenang berbagai lomba. Ada pemenang lomba outbond, santri  ter-pede, santri teraktif, dan lainnya. Setelah pemberian hadiah, kembali Umi Sakin menyampaikan penutupan MPLS. MPLS ditutup oleh penampilan para pendamping peserta MPLS.  Alhamdulilah, berbagai hambatan kami lewati dengan baik, sehingga kegiatan MPLS selama lebih dari satu minggu, acara berjalan dengan lancar. (AM)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan