News & Info

Pada hari Sabtu, 14 Juli 2018 LPI Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang mengadakan kegiatan Orientasi Orang Tua Santri Baru. Salah satu agenda tahunan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Ar – Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang setiap akan memasuki Tahun Pelajaran Baru selalu diadakan kegiatan seperti ini, yakni Orientasi Orang Tua Santri Baru. Hal ini tentu dimaksudkan untuk menyamakan visi, misi, tujuan, persepsi, memperkenalkan lembaga (pesantren) dan program kegiatannya kepada orang tua serta masyarakat pada umumnya. Demikian juga menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa memiliki, solidaritas dan sinergitas yang tinggi terhadap pesantren, serta menanamkan rasa kebersamaan orang tua santri terhadap Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Ar – Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang.

Selamat Datang di Kampus Peradaban Islam 11

Menyadari bahwa tanggung jawab yang paling utama dalam mendidik anak ada pada orang tua, dan akan pentingnya peran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anak di pesantren, maka para orang tuapun sangat antusias untuk hadir pada acara yang diadakan di gedung Roihanah lantai 4.

Ust Rully selaku Kepala Sekolah memberikan pemaparan tentang Program di Sekolah
Ust Rully selaku Kepala Sekolah memberikan pemaparan tentang Program di Sekolah

Dalam acara orientasi tersebut, diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur´an oleh santri Ar-Rohmah Tahfizh dan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi 1 disampaikan oleh Ustdz Rully Cahyo Nufanto yang memaparkan tentang ´´Program Pembelajaran di Pesantren´´, yang meliputi program diniyah, sekolah (akademik) dan kepesantrenan.

Ust. Alimin sedang memberikan pemaparan tentang Program Diniyah
Ust. Alimin sedang memberikan pemaparan tentang Program Diniyah

Materi 2 disampaikan oleh Ustdz Alimin Mukhtar, beliau menjelaskan tema tentang ´´Fenomena Kehidupan di Pesantren´´. Dalam kesempatan itu beliau juga menyampaikan bahwa orang tua ketika menyekolahkan anaknya di pesantren harus senantiasa mendoakan anaknya, menjaga keistiqomahan ibadahnya, ikhlas dan bersabar. Karena saat ini sesungguhnya anak lagi belajar menjadi mandiri, jauh dari orang tua, belajar Al-Qur`an dan ulumuddin sebagai pondasi kehidupan sesungguhnya, belajar adab, sains dan teknologi, berinteraksi, bertanggungjawab pada diri sendiri dan orang lain serta masih banyak lagi hal-hal yang dipelajari, yang semuanya itu adalah sebagai bekal dikemudian hari.

Membangun Sinergitas Dalam Mendidik Generasi Qur'ani - Orientasi Orang Tua Santri 2

Acara orientasi tersebut ditutup dengan do`a oleh Syeikh Basallamah, salah satu pengajar dari Yaman.
Semoga acara tersebut dapat bermanfaat untuk semuanya dan kita (orang tua, ustadz-ustadzh, dan lembaga) dimudahkan Allah dalam mendidik anak-anak kita menjadi generasi Qur´ani Pelanjut Risalah Nabi. Aamiin yaa robbal´alamiin

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan