News & Info

Kepanduan Hidayatullah Ar-Rohmah Putri telah melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada sabtu 30 september-minggu 1 oktober 2017 di Bedengan, Kab.Malang.

LDK Ar-Rohmah Putri 2017 di Bedengan 3

Tema yang diusung dalam LDK ini adalah “Menumbuhkan Ghiroh Perjuangan Islam”. Manfaat diadakannya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), yakni menumbuhkan sikap amanah, tanggung jawab, empati, dan ghiroh perjuangan Islam. Tujuannya adalah untuk memunculkan kader-kader pejuang Islam yang berkualitas.

LDK Ar-Rohmah Putri 2017 di Bedengan 4

Peserta Latihan Dasar Kepemimpinan 2017 adalah para Pembina Pandu Hidayatullah, dan calon pengurus Gerakan Kepanduan 2017-2018. Kegiatan LDK ini meliputi : Tarbiyah Jazadiyah, Survival, outbond, camping, dan hiking di gunung Malang.

Related Articles:

Peserta LDK sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat dengan semangat para peserta yang mampu mengikuti LDK dari awal sampai akhir. Para peserta saling membantu satu sama lain, ketika salah satu peserta sakit maupun terjatuh ketika mendaki maka teman yang lain saling membantu.

Selain itu juga diisi kajian oleh ustaz Agung Prayoga dengan materi Sense of Pemandu, yaitu pemimpin harus punya kepekaan, membangun kepekaan ini, ada 7 kode kehormatan, yakni jujur, bertanggung jawab, visioner, disiplin, bekerja sama, adil, dan memiliki kepedulian. Ketujuh kode tersebut yang akan dijadikan prinsip seorang pemandu.

LDK Ar-Rohmah Putri 2017 di Bedengan 5
LDK Ar-Rohmah Putri 2017 di Bedengan 6

Kajian selanjutnya oleh ustaz Supriyanto dengan materi survival bahwa di sini mereka sebagai santri harus bisa memenuhi kebutuhan sendiri dalam keadaan apapun.

LDK Ar-Rohmah Putri 2017 di Bedengan 7

Dilanjutkan dengan kajian bersama ustazah Dita dan ustazah Inneke yang membahas tentang G30S/PKI atau Penghianatan Gerakan 30 September oleh PKI pada tahun 1965 yang dihubungkan dengan perjuangan Islam ibarat Menggenggam Bara Islam orang-orang yang benar-benar taat kepada Allah adalah orang-orang yang di mana ingin istiqomah dan ketika kita taat kepada Allah pasti banyak sekali godaan contohnya adalah pada saat ke sekolah mau belajar pasti banyak sekali godaan misalkan malas berangkat ke sekolah, malas belajar, dan lain-lain.

Selain itu kasus dunia internasional yang sedang marak saat ini adalah kasus Gaza Palestine dan Rohingnya di Myanmar. Kasus-kasus semacam itu juga mengetuk hati para kaum muslim. Saudara-saudara kita yang menjadi korban penindasan dan kekerasan yang tidak manusiawi. Dari kasus tersebut bahwa kita sebagai generasi penerus Islam yang seharusnya mampu meneruskan perjuangan Islam. Orang-orang Islam saat ini sudah mulai tumbuh ghiroh perjuangan Islamnya.

LDK Ar-Rohmah Putri 2017 di Bedengan 2

Dengan adanya LDK ini diharapkan para penerus organisasi Kepanduan dapat mengemban amanah memimpin seluruh santri Ar-Rohmah Putri dengan tegas dan bijaksana, amar ma’ruf nahi munkar, serta selalu ingat kepada Allah SWT.

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply