News & Info

Masa orientasi santri (MOS) SMP-SMA AR ROHMAH PUTRI adalah kegiatan rutin tahunan untuk santri baru mengenal seluruh proses kehidupan dan pembelajaran di pesantren Ar Rohmah Putri. MOS santri baru tahun ajaran 2017-2018 dilaksanakan sejak hari sabtu 15 Juli 2017 hingga hari sabtu 22 Juli 2017. Tema MOS tahun ajaran ini adalah “syubbanul Yaum Rijadul Ghad” (Pemuda  hari ini adalah pemimpin masa depan) dan kegiatan pra MOS yaitu pada hari sabtu 15 Juli 2017 jam 17.00. Kegiatan pra MOS diawali dengan persiapan sholat magrib dan bakdha sholat isya’ pembagian pendamping MOS, penjelasan tata tertib MOS dan Perkenalan dengan musyrifah kamar masing masing. Acara pra MOS ini selesai pada jam 21.30 dan dilanjut dengan istirahat malam untuk mempersiapkan diri bangun sholat lail jam 03.00.

Pada hari Ahad, 16 Juli 2017 kegiatan MOS diawali dengan sholat lail berjamaah yang nanti merupakan kegiatan rutin santri. Pembukaan MOS dilaksanakan jam 07.00 – 08.00 oleh ustadz Rulli Cahyo N (kepala sekolah SMP-SMA Ar Rohmah Putri) dengan bertempat di mushola Ar Rohmah putri lantai 4 gedung Roihana. Acara pembukaan ini dilanjutkan dengan Pengenalan lembaga dan profil Ar rohmah Putri hingga menjelang sholat dhuhur. Bakdha sholat dhuhur seluruh santri makan siang dan istirahat siang, kegiatan MOS dilanjutkan bakdha sholat asar. Adapun kegiatan sore hingga malam hari adalah game ta’aruf, Halaqoh santri,  pembagian piket kamar dan pemilihan ketua kamar.

Related Article:

Kegiatan MOS pada hari selanjutnya diawali dengan sholat lail berjamaah dan dilanjutkan materi materi MOS. Materi materi MOS yang diberikan yaitu pelatihan tata cara sholat dan dzikir, kemandirian I ( penataan tempat tidur, almari, cara melipat baju dan pakaian dalam, cara mencuci dan cara membersihkan darah haid), kemandirian II (cara membersihkan kamar mandi dan maghsal), manajemen waktu, pengenalan kurikulum-kesiswaan SMP SMA) pengenalan keasramaan, pengenalan diniyah dan kelas tahfidz, semangat berilmu, kepemimpinan, pengenalan BK, Tata cara merawat fasilitas kamar, dan materi dari salah satu pembicara tamu yaitu ustadz Burhan Shodiq dengan mengangkat tema MOS kita. Acara acara MOS juga disegarkan dengan game yang disusun oleh panitia OPH dan senam pagi.

Kegiatan MOS ini ditutup pada hari Sabtu 22 Juli 2017 dengan acara outbound di bumi perkemahan bedengan, sebuah daerah di kawasan Dau yang masih asri dengan aliran sungai yang cukup jernih dari pegunungan. Kegiatan outbound kali ini adalah kegiatan tadabur alam dengan menikmati alam ciptaan Allah SWT sampai menjelang waktu dhuhur. Setelah sholat dhuhur dilanjutkan makan siang dan rujakan bersama-sama. Kegiatan diakhiri menjelang sholat asar dan santri kembali ke pesantren tercinta Ar-Rohmah Putri.

Berikut ini adalah dokumentasi santri selama MOS:

Author: Ar-Rohmah Putri

4 Comments

Leave a Reply