News & Info

Jarum jam berputar lebih cepat dari sebelumnya, karena hari sabtu merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh santri Ar-Rohmah Putri khususnya santri kelas sepuluh yang mengikuti Smart Cooking. Smart Cooking yang berarti memasak pintar. Santri-santri bukan hanya diajarkan  bagaimana proses atau langkah memasak saja tetapi juga benar-benar diajarkan bagaimana cara memilih bahan sayur yang baik, menggunakan bahan makanan yang sehat, proses memasak yang benar tanpa menghilangkan kandungan vitamin yang ada di dalamnya, manfaat makanan yang sudah dimasak, dan yang terpenting tidak menggunakan zat-zat berbahaya yang merugikan tubuh.

Sabtu 12 Nopember 2016 pukul 10.00 WIB suasana di Mat’am lantai 1 dari hening seketika berubah. Para santri bersemangat mengikuti smart cooking. Kali ini mereka akan belajar membuat “Onde-onde Ketawa”. Bahan-bahan yang dibutuhkan tak susah cukup menyiapkan tepung terigu, gula pasir, mentega, telor dan air secukupnya diaduk hingga adonan menjadi kalis. Selanjutnya digoreng menggunakan api sedang dan jika sudah berubah warna menjadi kecoklatan diangkat kemudian tiriskan. Onde-onde ketawa ala santri Ar-rohmah siap dihidangkan.

Related Article:

Dengan adanya smart cooking diharapkan mampu menambah keterampilan para santri. Karena pada hakikatnya seorang wanita akan menjadi seorang istri dan ibu yang berkewajiban mengurus anak-anaknya. Seorang ibu harus mampu memilih dan memasak  makanan yang sehat. Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung gizi untuk tubuh dan bebas dari zat-zat berbahaya yang merugikan tubuh.  Hal itu tercermin dalam QS Al Baqarah: 168 “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply