News & Info

SMP Ar-Rohmah Putri mengadakan kegiatan Outing Class untuk angkatan kelas VII pada Senin, 07/11/2016. Kegiatan yang merupakan agenda rutin di setiap tahun ini merupakan kali pertama bagi siswa angkatan kelas VII.  Sebagai kegiatan yang berupa pembelajaran di luar kelas, Outing Class untuk angkatan kelas VII  kali ini diadakan di Eco Green Park  Batu.

Agenda Outing dimulai dengan apel singkat yang dipimpin oleh Kepala sekolah SMP Ar-Rohmah Putri Ustadz Rully Cahyo Nufanto M. Kpd.  Pada apel sebelum pemberangkatan, Kepala sekolah memberikan pengarahan dan nasehat untuk para siswa angkatan kelas VII yang mengikuti outing, Kepala sekolah berpesan agar para siswa tidak lupa dengan tujuan utama adanya kegiatan ini adalah untuk proses pembelajaran.  Selain itu siswa juga diharapkan supaya dapat membawa nama baik SMP Ar-Rohmah Putri dengan tetap menjaga akhlak, adab, dan perilakunya ketika di sana, para siswa harus mencerminkan sebagai santri Ar-Rohmah Putri yang selama ini terkenal baik akhlak serta adabnya ketika berada di luar pondok.

Baca Juga:

Dengan didampingi oleh para ustadzah wali kelas dan wali asrama, tepat pukul 07. 15 WIB para siswa diberangkatkan sesuai dengan kelompok pemberangkatan masing- masing dengan menggunakan 18 unit angkutan umum. Dalam kegiatan outing tersebut para siswa  diberi tugas untuk mengamati semua kegiatan dan kondisi yang ada di area outing. Tentu pengamatan itu dikaitan dengan mata pelajaran terpadu, seperti Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Indonesia dan Matematika.

Baca Juga:  Olimpiade Dakwah, Meniti Risalah, Merajut Ukhuwah

Dalam pelajaran IPA para siswa diminta untuk mengamati macam-macam jenis satwa yang ada di sana, dalam pelajaran Bahasa Indonesia para siswa diminta untuk membuat sebait dua bait pusi tentang alam raya dan keindahan yang ada di sana, hal ini sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Edukasi dalam Eksplorasi”.

Usai menyelesaikan dan mengumpulkan tugas, para siswa beristirahat dan makan siang, setelah itu mereka mendapatkan waktu “ Free Time” untuk bermain. Outing Class memang merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat efektif untuk anak-anak, jadi anak-anak tidak hanya menerima materi-materi di kelas saja, anak-anak juga harus menerima pembelajaran langsung dengan apa yang berkaitan, hal ini disampaikan oleh Ustadzah Rusyida selaku Koordinator Jendral angakatan kelas VII sekaligus penanggung jawab kegiatan Outing ini. Selain kelas VII, Outing Class juga akan dilaksana untuk angkatan kelas VIII dan kelas IX di mana tempat untuk masing-masing angkatan berbeda. (Wilda)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan