News & Info

Sabtu 21 Mei 2016, Menggali Potensi Diri (MPD) atau ekstra kurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang merupakan salah satu Ekstrakulikuler pilihan di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Putri melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fakultas Ilmu Kesehatan Jurusan Farmasi.

Pada kunjungan kali ini didampingi oleh Bu Pranita Setia Budi dan Ifa Kumala selaku pengampu MPD KIR di Ponpes Ar-Rohmah Putri. Tujuan diadakannya outing tersebut adalah agar bisa menambah wawasan dan pengatahuan siswa tentang kegiatan penelitian.

Dari pihak pondok Ustadzah Elan Herlina memberikan sambutan sekaligus pengantar sebelum kegiatan dimulai. Dalam kunjungan tersebut ada beberapa materi pengantar yang disampaikan oleh  Bapak Ahmad Jamil, M.Si selaku Pembatu Dekan III Universitas Muhammadiyah Malang dari Fakultas Ilmu Kesehatan.

Dalam materinya, beliau menjelaskan tentang bagaimana cara berdakwah di masyarakat luas yang sesuai dengan disiplin ilmu farmasi. Karena saat ini dirasa sangat penting hadirnya seorang ahli farmasi muslim yang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat kita. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini obat-obatan yang dikonsumsi oleh masyarakat luas adalah produk dari luar negeri bukan orang Islam, sehingga perlu adanya orang Islam yang menggantikan hal tersebut.

Serah terima souvenir kunjungan dari Ar-Rohmah Putri
Serah terima souvenir kunjungan dari Ar-Rohmah Putri

Penyampaian materi dari Bapak Ahmad dilajutkan dengan penjelasan hasil Penelitian Kelompok Mahasiswa (PKM) tentang khasiat Petai sebagai anti depresan. Tidak hanya mendapatkan materi saja, para siswa juga diajak untuk berkeliling di Laboratorium pembuatan obat dan diberikan penjelasan tentang bagaimana menjadi Apoteker yang harus sabar dan teliti dalam meracik obat. Siswa juga diajarkan teknik pembuatan obat tablet.

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan