News & Info

AL-ALAQ: 1-5: PONDASI PERADABAN

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Jika Al-Fatihah adalah Umm Al-Kitab yang kemudian dijabarkan dalam surah-surah yang lain dalam Al-Qur’an, maka, tanpa keraguan dan perdebatan, Qs. Al-Alaq 1-5 merupakan surah yang pertama kali diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. Tentu bukan tanpa maksud dan kebetulan belaka bila Allah memilihnya sebagai surah yang pertama untuk Nabi dan umatnya. Seolah Allah hendak mengatakan, ”Kalau ingin membangun Islam dan peradabannya (seperti yang kemudian digambarkan dalam Al-Fatihah), maka mulailah dari hal ini (yaitu, apa yang terkandung dalam surah Al-Alaq) !”

Surah ini membahas tentang trilogi metafisika dalam Islam,yaitu Tuhan, Manusia, dan Alam Semesta. Sejarah telah menunjukkan bahwa seluruh capaian peradabanIslam dibangun atas dasar pemahaman dan keyakinan kaum Muslimin terhadap metafisika Islam ini. Dalam dunia pendidikan, metafisika merupakan bagian dari filsafat. Jika filsafat diperlukan untuk menyiapkan kerangka dasar bagi pemantapan cita-cita dan tujuan pendidikan, kriteria dalam menyeleksi muatan pendidikan, dan dasar-dasar dalam mengevaluasi tingkat pencapaian tujuan pendidikan tersebut, maka metafisika Islam membawa implikasi yang jelas terhadap konsep, kandungan, dan metode pendidikan Islam.

Biografi Ustadz Rully Cahyo

ust-rullyLahir di Lamongan pada 22 Desember 1976, sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Sejak tahun 1997 telah bergabung dengan LPI Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang.

Saat ini menjabat sebagai Kepala SMP – SMA Ar-Rohmah Putri “Boarding School” Malang dan sedang menyelesaikan Program S3 Manajemen Pendidikan Islam di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Baca Juga:  Pendidikan Berbasis Tauhid – Bagian 2

Bersama Konsorsium Pendidikan Islam (KPI) Surabaya aktif dalam beberapa program kegiatan pelatihan dan pengembangan lembaga pendidikan di Indonesia.

Baca Juga:  Pendidikan Berbasis Tauhid - Bagian 1

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan