News & Info

POLA PENDIDIKAN

Demi membumikan framework di atas dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu diciptakan sebuah sistem/pola pendidikan yang dapat dipraktikkan, dipantau, dievaluasi, dan disempurnakan secara terus-menerus.

Al-Qur’an menegaskan bahwa contoh ideal bagi orang yang beradab adalah Nabi Muhammad saw………

Al-Qur’an menegaskan bahwa contoh ideal bagi orang yang beradab adalah Nabi Muhammad saw yang merupakan Manusia Sempurna (insan kamil) atau Manusia Universal (al-insan al-kulliyy). Beliau adalah orang yang mendapat pendidikan terbaik dari Allah SWT sehingga kedudukannya menjadi teladan yang paling baik (al-akram). Misi beliau adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia (innama bu’itstu li-utammima husna al-akhlaq).

Dari sini, dapat dipastikan bahwa aktivitas Nabi saw., berupa tilawah, tazkiyah, dan ta’limah al-Qur’an dan hikmah seperti yang disampaikan dalam ayat Al-Qur’an berikut ini (dan ayat-ayat lain yang senada) merupakan manifestasi langsung dari peranan ta’dib dan itu merupakan pola Rasulullah saw dalam mendidik para sahabatnya, sehingga mereka menjadi generasi terbaik sepanjang sejarah manusia, padahal sebelumnya mereka berada dalam kesesatan yang nyata.

Dia-lah (Allah) yang mengutus kepada kaum yang ummi seorang Rasul dari kalangan mereka sendiri (minhum), yang men-tilawah-kan ayat-ayat-Nya, men-tazkiyah mereka, dan men-ta’lim mereka kitab dan hikmah. Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.(Qs. 62: 2 dll yang senada).

Biografi Ustadz Rully Cahyo

ust-rullyLahir di Lamongan pada 22 Desember 1976, sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Sejak tahun 1997 telah bergabung dengan LPI Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang.

Saat ini menjabat sebagai Kepala SMP – SMA Ar-Rohmah Putri “Boarding School” Malang dan sedang menyelesaikan Program S3 Manajemen Pendidikan Islam di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Baca Juga:  Pendidikan Berbasis Tauhid – Bagian 9

Bersama Konsorsium Pendidikan Islam (KPI) Surabaya aktif dalam beberapa program kegiatan pelatihan dan pengembangan lembaga pendidikan di Indonesia.

Baca Juga:  Pendidikan Berbasis Tauhid – Bagian 8

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan