News & Info

Hari berlalu dengan cepat di Malaysia. Berbagai tempat telah dikunjungi. Beragam destinasi telah dijelajahi. Rombongan Overseas Visit Program SMP-SMA Ar-Rohmah Putri pun seolah merasakan takjub tiada henti. Begitu pula kali ini, agenda di hari ketiga, (2/10). Saat mengunjungi International Islamic University of Malaysia (IIUM).

IIUM merupakan salah satu kampus Islam terbaik di Malaysia dan dunia. Puluhan ribu mahasiswanya berasal dari 100 negara berbeda. Arsitektur bangunannya yang bercorak islam begitu indah dan megah. Seolah menjadi penyambut pertama setibanya rombongan Ar-Rohmah Putri di sana.

Mereka diajak mengelilingi kampus yang terletak di Gombak, Negara Bagian Selangor itu. Melihat berbagai fasilitas yang tersedia. Seperti ruang pembelajaran, asrama , perpustakaan, kompleks olahraga, masjid , toko-toko, kantin dan lainnya.

Berdiri sejak tahun 1983, IIUM memiliki luas 700 hektar yang dikelilingi oleh perbukitan hutan kapur. Di tengah kampus berdiri kokoh Masjid Sultan Haji Ahmad Shah. Masjid yang berkapasitas 9000 jamaah itu saling terhubung ke seluruh bangunan administrasi dan akademis. Sebagai simbol bahwa pendidikan agama dan umum tidak dapat terbagi. Tak terpisahkan satu dengan yang lainnya.

Di International Islamic University of Malaysia terdapat berbagai fakultas yang dapat dipilih. Seperti fakultas Arsitektur dan Pembangunan, Bisnis dan Manajemen, Hukum, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan, Ilmu Sosial dan Media, Ilmu Teknik dan Teknologi, Kesehatan dan Kedokteran, Pariwisata dan Perhotelan, Pendidikan dan Pelatihan, Pertanian, Kedokteran Hewan dan Seni Kreatif dan Desain.

Suasana islami dan kultur pembelajar betul-betul terasa disana. Rombongan santri Ar-Rohmah Putri pun antusias ingin terus menelusuri di setiap sudutnya. Waktu yang terbatas, mengharuskan bergegas. Mengakhiri pengembaraan ilmu di International Islamic University of Malaysia.

Genting Highlands tujuan berikutnya. Berada di perbatasan negara bagian Pahang dan Selangor, tempat itu tak terlalu jauh dari kampus IIUM. Ditempuh sekira satu jam menggunakan kereta gantung Genting Skyway. Kereta gantung tercepat di dunia dan terpanjang di Asia Tenggara.

Santri Ar-Rohmah Putri berfoto bersama di depan Menara ikonik malaysia, Petronas
Menara ikonik malaysia, Petronas

Dengan ketinggian 2000 mdpl itu, Genting Highlands menawarkan pemandangan pegunungan Titiwangsa yang indah. Light show spektakuler dibawah rintik-rintik hujan menyambut kedatangan mereka.

Malam semakin larut. Saatnya mengakiri perjalanan hari itu di Central Market. Terletak di jantung Kuala Lumpur, pusat perbelanjaan nan fenomenal itu menawarkan berbagai macam oleh-oleh atau suvenir yang antik dan unik.(Dian Wulandari | Editor : Hery Purnama)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan