News & Info

SMP Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menggelar outing class ke Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, Selasa (6/11). Mengusung tema “Obtaining New Knowledge and Experience Through Outing Class” outing class kali ini diikuti ratusan murid kelas VIII SMP dan puluhan guru pendamping.

Waka. Kurikulum SMP Ar-Rohmah Putri, ustadzah Ari Puspitawati mengatakan, outing class ini diharapkan memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman baru kepada seluruh murid.
“Mereka disana tidak hanya fokus kepada tugas yang diberikan oleh guru. Melainkan juga menikmati berbagai wahana yang ada,” kata ustadzah Ari.

Di Museum Satwa outing class itu bermula. Setiba disana, para murid pun langsung menjelajahi seluruh sudut museum satwa terbesar dan terlengkap di Indonesia itu. Sambil membawa tugas sekolah dipundaknya (Matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, PPKn, IPA Terpadu dan PJOK). Mereka mengamati sekitar 1.000 koleksi spesies satwa liar dan 10.000 koleksi serangga. Menelusuri pula sejarah dunia lewat replika tulang-belulang dinosaurus, evolusi mamalia selama ratusan tahun. Hingga menyaksikan lebih dekat serangga kecil yang luput dari mata manusia.

Tak kalah seru saat mereka berada zona diorama berbagai fauna. Mulai satwa prasejarah, predator dari kutub, spesies serangga yang diawetkan. Hingga variasi burung yang seolah terbang di atas mereka. Di museum itu juga disajikan satwa-satwa yang diawetkan dalam habitat aslinya. Sehingga para murid pun bisa mengamati mereka lebih dekat. Tak hanya secara visual. Setiap binatang diberikan keterangan spesifik yang membantu memahaminya.

Usai dari Museum Satwa rombongan pun lantas menuju Batu Secret Zoo. Tempat wisata dan konservasi satwa modern yang lokasinya berdekatan. Di lahan seluas 14 hektar, para murid kelas VIII melihat dari dekat berbagai satwa yang habitatnya tersebar di seluruh dunia. Dari hutan tropis Asia, padang gurun Afrika hingga dasar Samudera Pasifik.

Di wahana Savannah misalnya. Melalui sebuah terowongan berdinding kaca. Para murid kelas VIII menyaksikan ekosistem dari hewan-hewan Afrika. Seperti giant sable antelope, scimitar-horned oryx, zebra dan para hewan berkuku lainnya.

Selain Savannah, Batu Secret Zoo juga menyuguhkan bermacam wahana lainnya. Dikemas edukatif, inspiratif dan rekreatif. Antara lain : tiger land, reptile garden, baby zoo, safari farm, zona aquarium, fantasy land, river adventure, feeding birds dan lainnya.

Waktu pun berjalan cepat. Meski sejak pukul 09.15 sampai 16.30 WIB berada disana, seolah tak cukup. Rombongan pun saatnya kembali ke pesantren. Membawa jutaan ilmu dan pengalaman seru.(Ulfa Ulfia/SMP | Editor : Hery Purnama)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan