News & Info

Berbilang abad yang lalu Nabi Ibrahim ‘alayhis salam dititahkan oleh Allah untuk memanggil seluruh umat manusia menziarahi Baitullah — sebentar setelah berdirinya Ka’bah. Dengan penuh ketaatan beliau berucap “labbaik Allahumma labbaik”.

Pagi itu, seruan yang sama bergema berulang-ulang di Kampus Peradaban Islam Ar-Rohmah Putri Malang. Inilah praktek manasik haji, gelaran kegiatan yang dibidani oleh unit Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri dilaksanakan pada Sabtu, 14 Jumadil Ula 1438 H bertepatan 11 Februari 2017 M.

Related Article:

Tidak kurang dari 300 santriwati kelas akhir jenjang SMP dan SMA secara berkelompok mengikuti tahap demi tahap praktek manasik haji dengan antusias. Beberapa titik di halaman pondok disulap seolah-olah di Tanah Suci Makkah, lengkap dengan replika Ka’bah. “Praktek manasik haji merupakan bagian dari pelajaran fiqh haji dalam Kurikulum Madrasah Diniyah. Selain mendapatkan teori, para santri juga dikenalkan dengan simulasi prakteknya,” demikian menurut Wakil Kepala Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri, Ustadzah Utifah, S.Pd. Kegiatan ini termasuk salah satu agenda tahunan bagi kelas 9 dan 12.

Ustadz Abdul Wahab — guru kami yang telah lebih dari 7 kali menjadi pembimbing jamaah calon haji Singapura — pagi itu menjadi pemandu utama kegiatan manasik kali ini.

Rangkaian acara diawali dengan simulasi keberangkatan jamaah haji dari Miqot di Bir Ali, yang ditempatkan di depan Gedung Zainab. Seluruh rombongan disimulasikan berangkat menuju Makkah, dilanjutkan dengan simulasi thawaf, sa’i, wukuf di Arofah, mengambil kerikil di Muzdalifah, menginap di Mina, melempar jumrah dan ber-tahallull sebelum melaksanakan thawaf wada’.

Peluh mengucur dan lelah terlihat dari para santriwati. Namun, seluruhnya merasakan kegembiraan dan menyimpan harapan semoga suatu saat betul-betul diberi kesempatan oleh Allah untuk berhaji dan umrah ke tanah suci.

Di penghujung prosesi, do’a thawaf wada’ dibacakan oleh seluruh peserta — yang membuat Ustadz Wahab terisak, teringat nostalgia beliau kepada Makkah Al-Mukarromah. Dengan penuh khusyu’ kami mengaminkan dan berdoa: “Ya Rabb, sampaikanlah kami semua di rumah-Mu dan di kota nabi-Mu bersama membuncahnya rindu ini di sela-sela latihan manasik kami.” Aamiin.

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply