News & Info

SD Alam Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang kembali menggelar kegiatan Market Day di lingkungan sekolah. Kegiatan berlangsung semarak dan penuh keceriaan.

Cuaca cerah Sabtu (15/4) pagi menambah semangat murid SD Alam Ar-Rohmah. Para murid sibuk menghiasi stand mereka masing-masing untuk persiapan acara market day. Market Day kali ini diikuti oleh semua murid kelas V.

Aneka makanan disajikan dalam acara market day yang kali ini mengambil tema ‘Membangun Kreativitas dalam Berniaga Secara Islami’. Seperti stand kelas 5A yang menyajikan aneka jajanan seperti es buah, es degan, brownies, puding, dan tahu. Semuanya dipatok dengan harga maksimal Rp 2.000.

”Ada dua pendidikan dalam acara market day kali ini, yakni pendidikan agama dan pendidikan umum,” kata Ustadz Abrian Yanuargo selaku wali kelas 5A.

Related Article:

Dalam hal pendidikan agama, para murid dididik untuk berdagang dengan cara Islami yang tidak merugikan salah satu pihak. Seperti bunyi surat Annisa ayat 29 yakni ‘Hai orang-orang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu.’

Sementara, dalam pendidikan umumnya, anak-anak diasah kemampuan matematikanya. Anak-anak yang menghitung sendiri transaksi jual beli. ”Ada pembelajaran matematika. Anak-anak terlibat langsung dalam transaksi jual beli untuk melatih jiwa entrepreneur ,” katanya.

Fitra Al Insan yang menjual es degan menuturkan, “Ibu saya modal Rp 50 ribu dan sekrang memperoleh uang Rp 81 ribu. Alhamdulillah dalam waktu satu jam brang dagangan saya dan teman-teman sudah ludes terjual,” tutupnya.

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply