News & Info

Ada yang berbeda dalam kegiatan pengambilan Raport Tengah Semester di SD Alam Ar-Rohmah tahun ini. Jika biasanya sebelum pengambilan raport diadakan kajian Islam sebagai pembinaan kepada orang tua, maka kali ini pada hari Sabtu, 8 April 2017 telah dilaksanakan khotaman dan Imtihan Al-Qur’an metode ummi ke-I SD Alam Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang.

Jika Selama ini pada umumnya orang tua bangga jika anaknya mempunyai kelihaian dalam olah vocal, menari, fashion show, dll, maka lewat kegiatan Khotaman dan imtihan Al-Qur’an metode Ummi ini, SD Alam Ar-Rohmah sebagai sekolah Islam ingin menampilkan kebanggaan yang berbeda, yaitu bengga ketika anak mempunyai kompetensi dalam bidang Al-Qur’an yang diuji secara terbuka di depan seluruh wali murid SD Alam Ar-Rohmah. Hal ini juga sebagai bentuk komitmen SD Alam Ar-Rohmah untuk menjadikan pembelajaran Al-Qur’an sebagai program unggulan. Ketika anak mempunyai kompetensi yang baik dalam tartil dan tahfidz Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan ghorib, maka ini adalah sesuatu yang bisa dibanggakan di dunia bahkan sampai akhirat. Bukankah anak adalah investasi akhirat untuk orang tua.

Ada 29 murid yang telah berhasil lulus mengikuti seleksi Khotaman dan Imtihan Al-Qur’an metode Ummi. 29 murid tersebut adalah siswa pilihan dari kelas IV,  V, dan VI, jumlahnya terdiri dari 5 ar-rijal dan 24 an-nisa’.

Dalam sambutannya Ustadz M. Nur Cholis, S.Pd.I, selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa “Kebanggaan yang hakiki bagi orang tua terhadap anaknya adalah ketika anaknya memiliki pribadi yang sholih dan sholihah, salah satu indikatornya adalah anak empunyai kompetensi dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an. Bukankan anak sholih/sholihah adalah investasi mahal bagi orang tua yang dapat  menjadi penolong di akhirat kelak bagi keduanya.”

Baca Juga:

Satu per satu anak-anak diuji secara terbuka kompetensinya dalam hal tentang tartil, tahfidz, tajwid, dan ghorib yang disaksikan oleh orang tua mereka dan seluruh orang tua dan wali murid SD Alam Ar-Rohmah kelas I-VI.

Khataman dan Imtihan Al-Qur’an metode Ummi ini dipandu langsung oleh Trainer dan Penjamin Mutu dari Ummi Foundation Malang, yaitu Ustadz Abdul Karim, Lc. Selaku pemandu Khotaman dan Imtihan, Ustadz Abdul Karim juga memberikan kesempatan kepada perwakilan Yayasan, kepala Sekolah dan wali murid untuk langsung bertanya, menguji kemampuan peserta munaqosah, namun semua pertanyaan bisa dijawab dengan baik oleh mereka.

Setelah prosesi khotaman selesai, peserta khotaman dan Imtihan turun dari panggung dan memberikan salam ta’dzim atau sungkeman kepada kedua orangtuanya. Suasana haru segera menyergap seisi ruangan, saat salaman berlanjut dengan pelukan orangtua yang diiringi isak tangis. Bergantian ayah dan bunda memeluk putra-putrinya penuh bangga. Kemudian mereka bergantian menghampiri asatidzah, isak tangis dari para hadirin tidak bisa tertahankan, suasana haru dan bahagia yang langka mereka rasakan.

Dalam sambutannya Ustadz Asyim Rosyadi, selaku perwakilan LPI Ar-Rohmah Putri menyampaikan: “Pagi ini rasanya saya ingin menangis terus, tangisan bahagia karena menyaksikan acara ini, dalam hati ada perasaan iri, kenapa dulu waktu kecil kita belum bisa seperti anak-anak ini yang sudah hafal beberapa surat Al-Qur’an disertai tajwid dan ghoribnya”.

Ustadzah Rohmatuz Zuhroh, S.Pd selaku Koordinator Al Quran, juga menyampaikan “Alhamdulillah kegiatan Khotaman dan imtihan Al-Qur’an metode Ummi di SD Alam Ar-Rohmah kali ini berjalan dengan baik”.

Dengan acara ini semoga anak-anak menjadi bagian penjaga dan pembela al-qur’an…..

“Dengan acara ini semoga anak-anak menjadi bagian penjaga dan pembela al-qur’an. Sejatinya al-qur’an tidak membutuhkan pembelaan manusia, tapi justru manusialah yang membutuhkan pembelaan Al-Quran. Kelak Al-Quran akan menjadi syafaat bagi sahabat Qur’an. Siapa itu sahabat Quran? Yaitu mereka yang belajar membaca, membacanya, mempelajarinya, mensyiarkannya, menerjemahkannya, dan mengamalkannya. Semoga kita menjadi bagian dari mereka yang membela dan menjaga Al-Qur’an” tegas koordinator Al Quran SD Alam Ar-Rohmah itu.

Salimatunnuha Fauzi yang terpilih sebagai peserta terbaik dari 29 peserta khotaman ke-I ini sangat mengapresiasi sekolah, guru dan seluruh peserta yang telah khataman. “Saya sangat bersyukur atas segala dukungan yang ada. Bahkan tidak menyangka mendapat hadiah dari Bapak/ibu wali murid hingga Rp 4.000.000,- yang dibagi rata ke seluruh peserta khotaman. Uang ini akan saya tabung untuk membantu orang tua. Semoga cita-cita SD Alam Ar-Rohmah untuk mencetak generasi yang Qur’ani bisa terwujud sehingga menjadi umat terbaik Semoga anak-anak tersebut menjadi salah satu perantara orang tua dan guru-guru SD Alam Ar-Rohmah Malang dimasukkan ke dalam Surga-Nya. Aamiin.” (Roma)

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply