News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id – Berada di Istanbul Turki itu seolah membuka tiap lembar buku sejarah keemasan Islam di masa lampau. Berbagai warisan sejarah itu tetap kokoh berdiri dan nampak terawat dengan baik. Salah satunya adalah Universitas Istanbul Turki.

Rombongan overseas SMP – SMA Ar-Rohmah Putri Boarding School pun berkesempatan singgah di salah satu universitas terbesar dan tertua di Turki tersebut, Kamis (17/10).

Didirikan oleh Sultan Muhammad Al Fatih pada 1453, kampus yang terletak di sisi Eropa itu memiliki 419.386 mahasiswa dan 901 profesor yang tersebar di tujuh belas fakultas. Salah satu alumninya yang terkenal adalah mantan Presiden Turki, Abdullah Gul.

Setelah menjelajahi tiap sudut Universitas Istanbul, rombongan overseas melanjutkan perjalanan ke Masjid Suleymaniye. Salah satu masjid tertua di Turki yang terkenal dengan keindahan dan kemegahannya.

Berada di Süleymaniye Mah Fatih, Istanbul, Turki, masjid itu dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suleyman I yang dikenal sebagai Suleyman the Magnificent.

Ia merupakan cicit dari sang penakluk Konstantinopel, Muhammad Al Fatih. Pada masanya itu Turki Utsmani berada dipuncak kejayaannya.

Pembangunan masjid yang memiliki 4 menara setinggi 56 meter dan 76 meter, dan kubah besar yang tampak biru berdiamter 26,6 meter itu, dimulai sekitar tahun 1550 dan selesai tahun 1557.

Terletak di dataran bukit Eminonu yang stretegis, masjid ini terlihat elok bila dilihat dari berbagai sudut. Terutama dari Selat Bosporus yang membelah dataran Asia dan Eropa. Di kompleks masjid ini, terdapat pula makam istri Sultan Suleyman I, Huren dan anaknya Mihmirah. (Hp/Hms)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply