News & Info

SMP Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang melaksanakan pembelajaran di luar kelas (Outing Class) ke Eco Green Park Kota Wisata Batu, Selasa (6/11). Outing Class kali ini diikuti ratusan murid kelas VII dan puluhan guru pendamping.

Waka. Kurikulum SMP Ar-Rohmah Putri, ustadzah Ari Puspitawati mengatakan, outing class itu bertujuan mengeksplorasi berbagai pengetahuan baru yang tidak didapatkan di sekolah. Selain itu pula mengenal lebih dekat kehidupan alam sekitar.

“Mereka disana tidak berkutat dengan tugas yang diberikan oleh guru. Melainkan juga menikmati berbagai wahana yang tersedia,” kata ustadzah Ari.

Wahana dunia burung misalnya. Selain memiliki koleksi ribuan jenis burung yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Juga menyuguhkan beragam atraksi yang memikat. Diantaranya atraksi burung hantu, kakaktua dan burung beo. Para murid pun seolah disambut ensiklopedi burung yang berjalan disekelilingnya.

Begitu pula saat memasuki Zona Recycle. Para murid disuguhkan kreatifitas mengolah barang tak terpakai hingga sampah sehari-hari. Menjadi barang berguna, layak pakai bahkan layak jual pula.

Belajar biologi ataupun pelajaran lainnya juga ada disini. Di wahana Eco Science Center, rombongan SMP Ar-Rohmah Putri belajar tentang asal usul bumi, bencana alam, kerusakan lingkungan, gunung berapi, tambang batu bara, dan lainnya. Secara visual maupun praktik.

Ruangan di wahana yang didirikan sejak tahun 2013 ini didesain menyerupai struktur alam asli. Berbagai perangkat multimedia canggih berskala internasional pun disediakan untuk melayani keingintahuan para murid kelas VII tentang alam.

Selain itu pula, di wahana yang bentuknya menyerupai Candi Prambanan itu terdapat beberapa simulator yang bisa dicoba. Seperti simulator gempa bertenaga 3 – 8 SR, simulator badai sampai simulator angin pun ada.

Nuril Izzati, salah satu murid kelas VIID mengungkapkan rasa bahagianya mengikuti outing class kali ini. “Tempatnya asyik dan menyenangkan. Saya banyak mendapatkan pengetahuan baru dan pengalaman seru bersama teman-teman,” ujarnya dengan sumringah.

Eco Green Park merupakan bagian dari Jatim Park Group. Tempat edukasi dan rekreasi buatan terbesar Indonesia yang terletak di jalan Oro-Oro Ombo 9A Kota Wisata Batu. Mengusung slogan “Fun dan Study” Eco Green Park menghadirkan beragam wahana yang menarik dan menghibur. Antara lain : world of patriot, recycle, exotic white peacock, bird show, water outbound, rumah terbalik, eco journey, animal farm, owl house, jungle adventure, eco science center, plaza music dan lainnya.

Para murid kelas VII pun antusias menjelajahi seluruh wahana tersebut sejak pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB. Capek dan lelah seolah tak terasa. Tergantikan dengan jutaan ilmu dan pengalaman berharga. (Eka Fathdieni/SMP | Editor : Hery Purnama)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan