News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id — SD Alam Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang kembali menggelar ‘Salamah Fun Camp 2020‘ di Bumi Perkemahan Mutiara Panderman Kota Batu, Jum’at – Sabtu (31/1-1/1).

Mengusung tema ‘Membentuk Pribadi Mulia Bersama Camp Pandu Hidayatullah‘ , kegiatan rutin tiap tahun itu diikuti 204 murid kelas IV dan V.

M. Syaiful Amri selaku Kepala Sekolah mengatakan bahwa, berkemah di alam sekitar ini merupakan implementasi dari materi kepanduan yang telah diajarkan kepada seluruh murid.

“Selain mengenalkan hidup di alam, kegiatan ini bertujuan melatih kemandirian, kekompakan, amanah dan manajemen waktu,” tegas Syaiful.

Selama dua hari di Oro-Oro Ombo tersebut seluruh peserta mengikuti berbagai kegiatan yang dikemas edukatif, menarik dan inspiratif.

Salah satunya materi kebencanaan dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Malang. Bapak Johan sebagai narasumber, dalam materinya menyampaikan tentang bencana hidrometeorologi.

Bencana tersebut kerap terjadi dalam satu dekade terakhir di Indonesia dan diakibatkan oleh parameter meterologi. Seperti ; curah hujan, kelembaban, temperatur dan angin.

Dampaknya terjadilah kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, tornado, angin puyuh, topan dan angin puting beliung.

Menurutnya, perubahan cuaca hanya sebagai pemicu terjadinya bencana tersebut. Penyebab utamanya adalah kerusakan lingkungan yang masif akibat penurunan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Ia pun mengajak seluruh murid untuk mencintai alam sekitar. Sanantiasa menjaga dan merawatnya, bukan malah merusaknya.

“Jaga lingkungan, jaga alam sekitar. Karena ulah tangan kita, bisa jadi menjadi bencana untuk semuanya,”pungkasnya. (Kontributor : Alfina Hidayati | Editor : Hery Purnama)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply