News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id — Tak lengkap rasanya bertandang ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Candi Prambanan nan eksotis.

Terletak di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, bangunan bersejarah peninggalan kerajaaan Hindu itu menjadi kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Di tempat ini, para santri SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang tak hanya menjelajahi tiap sudutnya, Selasa (7/1).

Melainkan juga belajar mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya. Di sana mereka mengajak berkomunikasi langsung dengan berbagai turis dan mendokumentasikannya.

Memiliki arsitektur bangunan berbentuk tinggi dan ramping, Candi Prambanan merupakan salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Tak heran bila UNESCO menetapkannya sebagai warisan budaya dunia.

Dibangun tahun 850 masehi, kompleks candi itu terdapat 4 pintu masuk yang dibuat mengikuti arah penjuru mata angin. Namun arah bangunan yang pernah terdampak gempa Yogyakarta 2006 itu menghadap ke sisi timur. Sehingga pintu masuk utama candi ini adalah gerbang timur.

Selain itu, dalam kompleks Candi Prambanan terdapat 3 Candi Trimurti (Candi Siwa, Wisnu, dan Brahma), 3 Candi Wahana (Candi Nandi, Garuda, dan Angsa), 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok, dan 224 Candi Perwara.

Tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar. (Kontributor : Akaren Tukat | Editor : Hery Purnama)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan