News & Info

Pengalaman pertama SMA Ar-Rohmah Putri meneropong bintang dan planet-planet yang ada di tata surya dengan teleskop (8/9).

SMA Ar-Rohmah Putri mendatangkan mahasiswa mahasiswi dari Astronomy Physics Club (APC) Universitas Brawijaya. Banyak hal baru bisa kita ambil pelajaran dari kegiatan ini. Di sini kita tidak belajar formal layaknya seperti di kelas. Tetapi, kita saling berbagi ilmu terkait dunia astronomi, di mana pembahasan ini sangat jarang bahkan hampir jarang kita jumpai dalam materi sekolah. Dalam pembahasan ini kita tak hanya belajar tentang astronomi saja, tetapi kita juga mempelajari tentang kebumian. Selain pengetahuan baru yang kita dapatkan, di sini kita juga bisa melihat kebesaran ciptaan Allah SWT seperti yang telah dijelaskan dalam QS. Al-A’raf:54

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِ ۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًا ۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖ ۗ اَ لَا لَـهُ الْخَـلْقُ وَالْاَمْرُ ۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

“Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan seluruh alam.”

Anggota Club Astronomi UB ini, tidak hanya mengenalkan kita tentang materi saja tetapi langsung ke praktik bagaimana kita bisa melihat bintang dan planet secara jelas melalui teleskop. Di sini kita semua diberikan kesempatan untuk melihat dengan dekat objek langit yang akan kita amati melalui teleskop. Dan yang pastinya kita juga mendapat bimbingan dan arahan dari Club Astronomi yang lebih berpengalaman dalam menggunakan teleskop.

Kali ini objek yang akan kita amati adalah bintang. Jika biasanya kita melihat bintang dengan bentuk yang kecil dan tak beraturan. Kini kita bisa melihat bentuk bintang aslinya dengan sangat jelas yakni berbentuk bulat. Tenyata, bentuk bintang yang tak beraturan dikarenakan faktor jarak dan terhalang oleh benda angkasa lain.

Ilmu astronomi, kebumian, dan geografi adalah ilmu umum yang membutuhkan referensi dan tambahan dari luar. Rangkaian kegiatannya, yakni seminar tentang dasar astronomi dan kebumian. Dilanjutkan dengan pengamatan bintang dan planet selain bumi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihat secara langsung kebesaran Allah SWT dan persiapan OSN mendatang sebagai tambahan materi. (I’AR, Aisha)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan