News & Info

Sekolah merupakan suatu  lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sekolah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang yang disebut akreditasi sekolah. Salah satunya dilakukan pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN). Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi. Hasil yang berupa sertifikat peringkat terakreditasi, bisa diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu : A, B, dan C yang masing-masing mempunyai nilai Amat Baik (86 – 100), Baik (71 – 85), dan Cukup (56 – 70).

SMP Ar-Rohmah Putri Malang sebagai salah satu sekolah yang terus bergerak untuk mencapai standar mutu pendidikan yang ada, menjadikan akreditasi sebagai salah satu instrument untuk memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya. Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional. Memberikan layanan kepada publik bahwa santri mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional.

Pada tanggal 30 April – 4 Juni 2016 SMP Ar-Rohmah Putri Malang telah melaksanakan proses Akreditasi Sekolah yang kedua dibawah pengawasan langsung Badan Akreditasi Nasional Propinsi Jawa Timur. Proses akreditasi ini menilai dari aspek 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian.

Baca Juga:  Asah Kemampuan Berbahasa Asing dengan Native Speaker

Pada tanggal 3 Nopember 2016 pengumuman dari Badan Akreditasi Nasional Propinsi Jawa Timur menyatakan bahwa SMP Ar-Rohmah Putri Malang mendapatkan akreditasi A dengan nilai 92. Adapun hasil akreditasi secara lengkap untuk tiap aspek standar yang dinilai, tergambar dalam tabel sebagai berikut:

Baca Juga:

“Alhamdulillah, tentu capaian ini perlu kita syukuri bersama karena proses pendidikan yang dilaksanakan di SMP Ar-Rohmah Putri dinyatakan telah sesuai standar yang ditetapkan BAN dengan kategori A” kata Ustadz Rully CN, selaku Kepala SMP Ar-Rohmah Putri Malang. “ Hasil akreditasi ini akan menjadi beberapa pertimbangan dalam mengambil kebijakan, seperti acuan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan rencana pengembangan sekolah. Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja sekolah, dan bahan informasi untuk pemetaan indikator keberhasilan kinerja warga sekolah termasuk kinerja kepala sekolah. Dorongan bagi guru untuk selalu meningkatkan diri dari bekerja keras untuk memberi layanan yang terbaik bagi santrinya, dan tentu menjadi informasi yang akurat untuk menyatakan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh setiap sekolah “ lanjut Ustadz Rully CN.

Pencapaian ini tentu hasil dari kerjasama semua stakeholder sekolah, baik itu lembaga (yayasan), diknas, unit-unit lain, ustadz/ustadzah, orang tua santri, dan masyarakat. Jazakumullah khairan katsir kami sampaikan kepada semua yang telah memberikan motivasi, support, bimbingan, dan pendampingan selama proses kegiatan akreditasi. Semoga hasil akreditasi SMP Ar-Rohmah Putri Malang kategori A dengan nilai 92, mampu menjadikan motivasi untuk tetap istiqomah memperjuangkan Peradaban Islam ini lewat Pendidikan Berbasis Tauhid (Tauhid Based Education). Wallahu a’lam…

Author: Ar-Rohmah Putri

1 Komentar

Tinggalkan Balasan