News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id — Reputasi Ar Rohmah Boarding School dalam mengembangkan dunia pendidikan keagamaan dan umum tak diragukan lagi. Sekolah boarding modern tertua di Malang Raya di bawah naungan Lembaga Pendidikan Hidayatullah ini tidak hanya menjadi pilihan para orang tua untuk menyekolahkan dan memondokkan anaknya, tapi juga sudah menjadi kiblat untuk pengembangan pendidikan modern berbasis pesantren di Indonesia.

Dimulai dari Ar Rohmah Putra, berkembang dengan Ar Rohmah Putri 1, Ar Rohmah Tahfidz, dan yang terbaru Ar Rohmah Putri 2 dengan program kelas internasional (International Class Program) dan Bilingual Class Program (BCP).

Ruli Cahyo Nofanto, Head of Principal Ar Rohmah Putri 2, International Class Program (ICP) adalah program kelas internasional untuk SMP-SMA yang dirancang untuk mengasah kompetensi keilmuan santri dan mempersiapkan mereka menjadi bagian dari masyarakat global. Proses belajar mengajar mengedepankan pengembangan daya kreasi, inovasi, dan eksperimentasi untuk men-trigger critical thinking santri sehingga dapat memicu pencetusan ide-ide baru melalui proses penguatan, pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman.

”Selain itu, juga mengolaborasikan sistem pendidikan nasional dengan sistem pendidikan internasional seperti Kurikulum Cambridge,” terang dia.

Sedangkan Bilingual Class Program (BCP) adalah program kelas reguler yang mana proses belajar mengajar menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa nasional dan bahasa Inggris dalam penyampaian materi kurikulum kepada santri. Program ini untuk membentuk kultur akademik yang mengedepankan penggunaan bahasa Inggris secara aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui program ini, santri akan mendapatkan dua hal penting, yaitu penguasaan ilmu pengetahuan dan kemampuan dalam berbicara dalam dua bahasa. Belajar bahasa adalah belajar bagaimana mengungkapkan maksud sesuai konteks lingkungan. Semakin luas lingkungan sosial, maka kebutuhan akan penguasaan bahasa dengan segala kompleksitasnya akan semakin bertambah pula. Selain itu, dari dua program di atas, para siswi juga ditarget untuk bisa menghafal Alquran (tahfiz) 5–30 juz.

Sementara itu, untuk kelas internasional ini, Ar Rohmah Putri 2 telah membangun gedung yang sangat megah dan indah di lahan seluas 6 hektare lebih. Bangunan itu kini sudah mencapai 70 persen dan ditargetkan sudah selesai saat tahun ajaran baru tahun ini.

”Alhamdulillah, pendaftar sudah banyak, kami siap mulai pembelajaran tahun ini,” terang Ruli.

Disampaikan Ruli, pengembangan kelas internasional itu merupakan tuntutan dari masyarakat, termasuk para wali siswi, yang telah menyekolahkan anaknya di Ar Rohmah Putri. Sebab, mereka sudah membuktikan proses pembelajaran dan pembinaan mental serta spiritual keagamaan Ar Rohmah yang sangat bagus.

Mengapa ada ICP?

– Santri SMP-SMA Ar Rohmah Putri adalah bagian dari masyarakat global yang rahmatan lil’alamin dituntut untuk selalu dinamis dengan segala perubahan, dengan memegang teguh nilai-nilai tauhid sehingga santri harus memiliki karakter (akhlak mulia), kompetensi tinggi, dan berwawasan luas.
– Sekolah berupaya menghantarkan santri untuk memiliki kemampuan komunikasi internasional, khususnya kemampuan berbahasa Inggris.
– Kurikulum Cambridge adalah kurikulum yang dapat memberi nilai tambah bagi sistem pendidikan di Ar Rohmah Putri yang telah mengusung Sistem Pendidikan Berbasis Tauhid.
– Melalui proses integrasi kurikulum diknas dan Kurikulum Cambridge, diharapkan kompetensi santri semakin meningkat sesuai tuntutan global.
– Customer needs, sudah menjadi kebutuhan bagi santri yang akan berada di generasi milenial.
– Mencetak lulusan yang berwawasan internasional dengan kompetensi serta pengetahuan yang memiliki daya saing global

Kenapa Kurikulum Cambridge?

– Mengedepankan proses critical thinking dan creativity dalam memecahkan permasalahan.
– Pembelajaran dan silabus mudah diintegrasikan dengan kurikulum diknas.
– 218 sekolah di Indonesia menerapkan kurikulum internasional yang berlisensi yaitu Cambridge.
– Sertifikat sudah diakui oleh dunia.

Bagaimana pelaksanaannya?

– Kurikulum Cambridge akan berjalan di kelas ICP dengan integrasi, kolaborasi dengan kurikulum diknas.
– Memasangkan silabus dari kedua kurikulum yang saling berkaitan sehingga pada bulan Oktober di kelas IX semester ganjil, siswa dapat melaksanakan Cambridge Checkpoint.

Mengapa ada Bilingual Class Program?

1. Santri Ar Rohmah Putri adalah bagian dari masyarakat global yang rahmatan lil’alamin dituntut untuk selalu dinamis dengan segala perubahan, dengan memegang teguh nilai-nilai tauhid sehingga santri harus memiliki karakter (akhlak mulia), kompetensi tinggi, dan berwawasan luas.
2. Sebagai supporting program untuk International Class Program (ICP) dalam membentuk kultur berbahasa Inggris aktif di antara santri di sekolah.

Penerapan Bilingual Class Program:
1. Kelas Bilingual menggunakan kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013. Dalam penyampaiannya menggunakan dwi bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
2. Penerapan pada semua mata pelajaran, kecuali mata pelajaran bahasa Indonesia dan Alquran.
3. Buku teks pegangan santri berupa buku bilingual.
4. Target kompetensi bahasa Inggris di akhir jenjang:
A. Skor TOEFL SMP : 400
B. Skor TOEFL SMA : 500
(ka/rdrmlg)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply