News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id – SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menggelar seleksi Penerimaan Murid Baru Gelombang I Tahun Pelajaran 2020/2021, Sabtu – Ahad (28-29/9).

Bertempat di kampus Ar-Rohmah Putri I, seleksi tersebut diikuti ratusan peserta yang berasal dari berbagai penjuru nusantara. Bagi peserta yang lolos akan diumumkan sepekan kemudian.

Kepala Humas SMP-SMA Ar-Rohmah Putri, Chusnul Mar’ati, mengatakan bahwa seleksi tersebut bertujuan mengukur kemampuan dan kesanggupan para peserta dalam mengikuti proses pembelajaran di pesantren kelak.(Hp/Hms)

“Nyantri di Ar-Rohmah Putri itu tidak mudah. Sebab selalu ditekankan kualitas input, proses, dan output. Sehingga seleksi murid baru pun berlangsung ketat,”ujarnya.

Menurut Umi Nur, sapaan akrabnya, proses pembelajaran yang ditempuh tiap santri juga tidak ringan. Tak hanya di akademik atau sekolah saja, melainkan juga di diniyah dan asrama.

Ditambah pula mereka harus menghafalkan Al-Qur’an. Minimal 3 juz untuk Program Kelas Reguler dan 10 juz untuk Program Kelas Tahfidz selama 3 tahun. Sedangkan Program Kelas Takhassus SMA target hafalannya 30 juz selama 4 tahun.

Agar lebih maksimal, tes tersebut dilaksanakan selama sehari untuk jenjang SMP dan dua hari untuk jenjang SMA. Yang meliputi ; ujian tulis, tilawah, menghafal Al-Qur’an, wawancara dan psikotes untuk jenjang SMA.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, seluruh peserta antusias mengikuti seluruh rangkaian tes hingga akhir. (Hery Purnama/Humas)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

1 Komentar

Tinggalkan Balasan