News & Info

Arrohmahputri.sch.id – SMP-SMA Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang menggelar ‘Orientasi Orang Tua Santri’ di Aula Raihanah lantai 4, Sabtu (13/7).

Kegiatan dalam rangka menyambut dan serah terima santri baru kelas 7 SMP, 10 SMA dan Dauroh Al-Qur’an itu, mengusung tema ‘Membangun Sinergitas dalam Mendidik Generasi Qur’ani’.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut Rully Cahyo Nufanto, selaku Kepala Sekolah SMA Ar-Rohmah Putri dan perwakilan yayasan.

Dalam materinya, Ustadz Rully, demikian akrab dipanggil, memaparkan secara menyeluruh program pendidikan Ar-Rohmah Putri “Boarding School”. Yakni pola dan proses pendidikan, konsep pendidikan integral berbasis tauhid dan implementasinya dalam berbagai program dan aktivitas di Diniyah, Sekolah dan Asrama.

“Kehadiran putri-putri bapak disini bukan sekedar berpisah dan berjauhan dengan orang tua. Melainkan sebagai rihlah ilmiah. Insyaallah di pesantren ini, mereka akan dikenalkan dengan Allah dan ditempa menjadi mujahidah yang mandiri,” ujarnya.

Ustadz Rully menambahkan, tantangan terberat saat pertama kali nyantri adalah adaptasi dengan lingkungan pesantren. Oleh sebab itu ia berpesan kepada seluruh orang tua, agar sabar, ikhlas dan selalu memberikan dukungan kepada putrinya.

Hadir pula memberikan tausiyah Kepala Madrasah Ar-Rohmah Putri, Alimin Mukhtar. Dalam materinya, Ustadz Alimin, panggilan akrab Alimin Mukhtar, menyampaikan filosofi berada di pesantren yakni belajar hidup.

“Pesantren bukanlah tempat santri belajar nyuci. Atau pun balai latihan kerja, yang selepas lulus tujuannya santri siap kerja,” ujarnya.

Pesantren, menurut Ustadz Alimin, adalah tempat belajar hidup. Disini mereka belajar berempati terhadap sesama. Membangun pribadi yang mandiri, qonaah dan tidak cinta dunia.

Pada tahun pelajaran 2019/2020 ini, Ar-Rohmah Putri menerima sekitar 600 santri baru. Terdiri dari santri kelas SMP, SMA dan Dauroh Al-Qur’an.

Orientasi orang tua tersebut merupakan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan penyambutan dan serah terima santri baru. Dimulai check in di pagi hari, sosialisasi Tata Tertib Pesantren dan penandatanganan MOU. Usai pengecekan barang, seluruh santri baru masuk menempati kamarnya masing-masing.(Hery Purnama/Humas)

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan