News & Info

Selasa, 28 Maret 2017. Pukul 20.00. Depan Gedung Juwariyah penuh dengan santriwati yang membawa tas dan koper. Ya, mereka membawa tas dan koper, bukan untuk kepulangan, namun mereka adalah santri kelas 11 yang berencana untuk melakukan perjalanan ke luar kota, yang bernama Study Campus.

Study Campus, merupakan agenda tahunan bagi kelas 11. Bertujuan untuk membuka cakrawala santri, menambah ilmu dan wawasan santri tentang pendidikan lanjut selepas masa SMA. Diikuti oleh 143 santri kelas XI Program IPA dan IPS pada 28-31 Maret lalu dengan didampingi para ustad dan ustadzah. Mereka sangat bersemangat mengikuti kegiatan Study Campus ini, terbukti dua jam sebelum pemberangkatan para santri sudah memadati lapangan gedung Juwariyah. Dengan raut wajah yang berbinar-binar dan canda tawa dengan teman menjadi hiburan tersendiri ketika menunggu bus tiba. Tak lupa Ummahat dan Kepala Sekolah SMA Ar-Rohmah Putri melakukan pelepasan kepada 143 santri.

Dari ratusan Universitas yang ada di Indonesia hanya ada dua Universitas yang menjadi pilihan para santri kelas XI yakni, kampus UNIDA Gontor Putri di Mantingan dan UGM Jogja. Alasannya karena UNIDA merupakan kampus yang berbasis Islam yang mampu mencetak muslimah-muslimah cerdas spiritual maupun akademik. Sedangkan UGM merupakan salah satu Universitas ternama di Jawa Tengah yang mampu mencetak SDM dengan kualitas unggul.

Dengan mengendarai 3 armada bus, rombongan bertolak dari SMA Ar-Rohmah Putri pada Selasa 28/03/2017 pukul 22.00 WIB dan tiba di kampus UNIDA Gontor  Putri pada Rabu 29/03/2017 pukul 08.00 WIB. Rombongan disambut baik oleh pihak UNIDA dan diajak berkeliling kampus serta diberikan penjelasan mengenai aturan dan kegiatan yang ada di UNIDA.

Baca Juga:

Setelah selesai berkeliling kampus UNIDA kemudian dipersilahkan menempati gedung pertemuan untuk membahas beberapa hal penting yang harus diketahui para santri mengenai kampus UNIDA. Tepat pukul 12.00 WIB acara selesai ditutup dengan penyerahan cendera mata. Rombongan Study Campus selanjutnya menuju ke Malioboro, wajah senang para peserta Study Campus membanjiri Jalan Malioboro. Mereka berbondong-bondong membeli oleh-oleh untuk orangtua, ustadzah,dan adik-adiknya. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 20.00 WIB kami dan rombongan bergegas menuju Hotel Laxston untuk beristirahat sejenak.

Kamis 30/03/2017 pukul 03.00 WIB suasana Hotel sudah riuh ramai. Seperti kebiasaan di pesantren, sholat lail dilakukan berjamaah bersama teman sekamar. Setelah sholat subuh mereka bergegas untuk sarapan pagi dan bersiap-siap meninggalkan Hotel Laxston. Pukul 08.00 WIB tiba di kampus UGM. Para santri langsung menuju HI UGM kemudian dilanjutkan ke FTP UGM. Di HI dan FTP UGM juga diadakan pertemuan untuk membahas apa saja yang perlu mereka ketahui di UGM. Para santri sangat antusias, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang muncul. Pihak UGM memberikan apresiasi yang baik kepada para santri SMA Ar-Rohmah Putri. Dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari pihak SMA Ar-Rohmah Putri dan UGM. Besar harapan dan doa para santri SMA Ar-Rohmah Putri kelak bisa melanjutkan study ke UGM.

Panas terik mentari mengiringi setiap perjalanan, peluh keringatpun mulai membanjiri tubuh mereka, namun tak sedikitpun rasa lelah muncul dari wajah para peserta. Kurang lengkap rasanya jika ke Jogja tidak mampir ke pusat pembuatan T-shirt yang pernah mendapat penghargaan dari MURI. Di pembuatan T-shirt para santri bisa melihat tentang bagaimana proses pembuatan T-shirt. Mereka berbondong-bondong membeli oleh-oleh T-shirt untuk orangtua, adik, kakak, teman maupun kerabat dekat yang lainnya.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB. Saatnya bertadabur alam, menuju Pantai  Pantai Parang Tritis. Di Pantai Pantai Parang Tritis mereka dimanjakan dengan menikmati ciptaan Allah SWT yakni, keindahan sunset. Suara deburan ombak seakan mengisyaratkan bahwa ombakpun juga berdzikir, ditemani sepoi-sepoi angin senja yang seakan mengindahkan nama-Mu. Pasir,ombak, air pantai, angin, dan senja menyatu menghasilkan kombinasi yang lengkap untuk keindahan sore ini. Rasanya mulut tak henti-hentinya mengucap rasa syukur atas segala nikmat-Nya. Menjelang malam rombongan masih berada di sekitar Pantai Parang Tritis untuk membersihkan diri, sholat, dan makan malam.

Perjalanan pulang malam itu, menjadi perjalanan yang hening dan tenang. Mungkin karena kelelahan, sebagian besar terlelap di kursinya masing-masing. Alhamdulillah, perjalanan kembali diberi kelancaran oleh Allah SWT. Kami tiba di pondok sekitar pukul 08.00 pagi hari. Dengan kondisi letih, namun berbahagia. Semoga, rangkaian perjalanan itu menambah rasa syukur kita pada Allah  SWT.***

Author: Ar-Rohmah Putri

1 Comment

Leave a Reply