News & Info

Hari Raya Idul Adha 1439 H, Yayasan Pendidikan Islam Ar Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang Jawa Timur mengadakan penyembelihan hewan qurban.

Bertempat di halaman belakang kampus Ar Rohmah Putri, penyembelihan hewan qurban dimulai pukul 08.30 WIB yang disaksikan ribuan santri SMP – SMA Ar Rohmah Putri, segenap guru dan karyawan. Penyembelihan ini dilaksanakan bertahap tiap hari hingga berakhirnya Hari Tasyrik.

Sesaat sebelum prosesi penyembelihan hewan qurban dimulai. Ustadz Ashim Rosyadi selaku Ketua Tim Penyembelihan Hewan Qurban menyampaikan sunnah – sunnah dalam menyembelih hewan qurban. Selain agar sah penyembelihannya juga sebagai proses pembelajaran kepada seluruh santri.

“Dua urat nadi leher kanan, kiri dan tenggorokan (saluran makanan) hewan harus terpotong,” katanya.

Jika hewan berleher panjang, lanjut ustadz Ashim. Sunnah memotongnya di pangkal leher. Menghadap kiblat dan membaringkan di rusuk kirinya. Tidak menyiksa dan memperingan sakitnya dengan menggunakan alat-alat yang tajam.

Terakhir membaca basmalah, shalawat dan takbir. Serta tidak diperbolehkan mengupah tukang potongnya dengan memberi bagian tubuh dari hewan qurban.

Dilanjutkan penyembelihan hewan qurban oleh ustadz Ashim dan tim. Serta sebagian santri yang ingin menyembelih hewan qurbannya sendiri.

Dari jumlah hewan qurban sekira 250 ekor kambing dan sapi, sebagian disembelih di kampus Ar Rohmah Putri. Selebihnya disalurkan keluar kampus dan tempat – tempat yang membutuhkan. (Hery Purnama/Humas).

Author: Ar-Rohmah Putri

Tinggalkan Balasan