News & Info

ARROHMAHPUTRI.sch.id — Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang kembali menggelar ‘Ujian Terbuka Marhalah III dan VI : Tahfizhul Qur’an, Hadits Arbain Nawawi dan Qiro’atul Kutub‘ , Ahad, (2/2).

Hadir dalam ujian terbuka kali ini Pengawas Dinas Pendidikan Jawa Timur Perwakilan Malang, Bapak Muhammad Singgih Winoto. Dalam sambutannya ia mengapresiasi atas terselenggaranya ujian terbuka yang ke -11 kalinya tersebut.

“Ujian terbuka ini selaras dengan kebijakan baru Menteri Pendidikan. Istilahnya adalah authentic assasment atau penilaian otentik” ujarnya.

Selain itu, menurut Bapak Shodiq sapaan akrabnya, Ar-Rohmah Putri telah mengedepankan pendidikan yang berkarakter dan religius.

Ia pun berharap, para santri itu kelak bermanfaat bagi masyarakat, sekolah, bangsa dan negara. Dan tentunya menjadi harapan orang tua, saat ibu-bapaknya telah menghadap sang pencipta.

Berlangsung di Aula Raihanah dan Qadim, gelaran rutin tiap tahun ini diikuti 161 santri kelas reguler dan tahfizh XII SMA. Santri kelas reguler telah menuntaskan target hafalan Al-Qur’an minimal 3 juz, sedangkan santri tahfizh minimal 10 juz.

Setiap santri tersebut diuji dihadapan orang tua masing-masing , para ustadzah dan tamu undangan. Para orang tua memilihkan sendiri soal untuk putrinya. Usai soalnya dibacakan, mereka lantas menjawabnya. Baik soal tahfizh Qur’an, hadits Arbain Nawawi maupun Qiro’atul Kutub.

Suasana tegang, syahdu dan haru pun mewarnai prosesi ujian terbuka yang dimulai sejak pukul 07.30 sampai pukul 11.30 tersebut. (Kontributor : Akaren Tukat | Editor :Hery Purnama)

Related Article:

Author: Ar-Rohmah Putri

Leave a Reply