What Students Learn?

Al-Qur’an dan Sunnah

Santri dibimbing agar mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih dan tartil, menghafal sesuai yang ditentukan, serta mengkaji dan menghafalkan hadist-hadist Nabi; sebagai bekal beramal.

Tradisi ibadah, adab, dan kepatuhan kepada syariat

Santri dibimbing dan diantarkan untuk membangun, menjaga, dan menikmati kehidupan di bawah syariat Allah, baik dalam ibadah, adab, maupun syariat secara umum, sehingga menjadi karakteristik yang melekat lahir maupun batin.

Ulumuddin

Kurikulum ini membekali santri dengan ilmu-ilmu fardhu ‘ain dan fardhu kifayah, sehingga menopang mereka untuk menjalani kehidupan dengan benar dan terarah sesuai syariat Allah, menuju keselamatan dunia dan akhiratnya.

Kurikulum Nasional

Setiap zaman memiliki peluang dan tantangan tersendiri. Santri harus dibekali kemampuan untuk meresponnya dengan tepat. Kurikulum Nasional dikelola untuk memenuhi tujuan ini.

Bahasa

Bahasa adalah alat berpikir. Penguasaan bahasa yang baik menopang pembentukan cara berpikir yang baik pula. Di era global dan disruptif ke depan, penguasaan bahasa ibu maupun bahasa internasional menjadi kebutuhan mutlak.

Kemandirian dan Leadership

Kecerdasan akal yang tidak ditopang oleh kemampuan mengelola diri yang baik serta karakter kepemimpinan yang handal bisa menjadi beban dan musibah. Olehnya, setiap santri dibimbing untuk menjadi pribadi mandiri, terampil memimpin, dan bertanggungjawab.